sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

TikToker Amerika: Singapura paling enggak oke buat jalan-jalan

Bahkan beberapa netizen yang mengaku warga Singapura mengaku tidak terlalu menilai negaranya sendiri.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 28 Mei 2024 16:56 WIB
TikToker Amerika: Singapura paling enggak oke buat jalan-jalan

Warga Indonesia banyak yang memuji-muji Singapura sebagai destinasi liburan luar negeri yang menarik dikunjungi. Tetapi seorang Zakactioncalii TikToker Amerika yang tinggal di Thailand punya pandangan beda.

Setelah mengunjungi tujuh negara Asia dalam lima bulan,  Zakactioncalii sudah jelas mana negara favoritnya. Tetapi, dari negara-negara itu, rupanya Singapura tidak meninggalkan kesan positif sama sekali pada remaja Amerika berusia 18 tahun tersebut.

Faktanya, Singapura berada di urutan terakhir dalam peringkatnya, yang ia bagikan dalam klip yang diposting Minggu lalu (26 Mei).

Zakactioncalii, atau Zak, juga membandingkan Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan (ini urutan peringkatnya dari pertama hingga terakhir).

Agar adil, Zak memberikan disclaimer bahwa semua yang dia bagikan dalam video tersebut hanya berdasarkan pengalaman pribadinya di setiap negara.

Terlepas dari itu, remaja yang tinggal di Thailand ini memberikan tanggapan yang cukup keras terhadap Singapura dan mengatakan bahwa Singapura bukanlah negara yang akan ia rekomendasikan kepada para pelancong.

“Tidak ada yang bisa dilakukan di Singapura kecuali berjalan-jalan dan melihat beberapa hal,” tambahnya.

Meskipun ia menyatakan bahwa orang-orang di sini "baik", pertemuan tidak menyenangkan dengan staf layanan di Marina Bay Sands meninggalkan rasa kesal baginya.

Sponsored

Ia merasa negara tersebut mengingatkannya pada Disneyland, karena "segala sesuatu di Singapura sempurna". Namun, budayanya juga "sangat sedikit".

Zak mendesak mereka yang berpikir untuk bepergian ke Singapura untuk mempertimbangkan Malaysia, yang menempati peringkat keempat. “Ini sangat mirip tetapi 10 kali lebih baik,” katanya.

Baik dari segi makanan atau budayanya, Zak tampaknya yakin bahwa Malaysia adalah yang terdepan.

Apakah warga Singapura setuju dengan penilaiannya? Sebagian netizen Singapura tidak merasa tersinggung kepada Zak.

“Saya sepenuhnya setuju dengan semua yang Anda katakan tentang Singapura,” kata salah satu pengguna TikTok.

Bahkan beberapa netizen yang mengaku warga Singapura mengaku tidak terlalu menilai negaranya sendiri.

Namun, netizen lain membela Singapura.

Seorang pengguna TikTok berkomentar bahwa ini mungkin bukan tujuan liburan terbaik, tetapi "pastinya merupakan salah satu tempat terbaik" untuk tinggal.

Yang lain menawarkan untuk mengajak Zak berkeliling jika dia mengunjungi Singapura lagi, dengan harapan hal itu dapat mengubah kesannya.

Kalau bukan Singapura lalu di mana?
Zak, yang mengaku lebih menyukai negara-negara Asia Tenggara, akan merekomendasikan Thailand dan Laos kepada wisatawan.

Ia terpesona oleh makanan, masyarakat, dan kenyamanan Thailand, meskipun ia tidak menyukai tingkat polusi yang merajalela di negara tersebut.

Sedangkan untuk Laos, Zak berlebihan dalam memuji negara Asia Tenggara tersebut, menyamakannya dengan Thailand.

Hal ini sangat membantu karena masyarakatnya “sangat baik” dan, menurut Zak, aktivitas yang wajib dilakukan selama tinggal di Laos adalah menikmati alam dan mengunjungi air terjun indah yang terdapat di seluruh negeri. 

Kalau ke Indonesia, Zak mungkin bakal lebih terpesona. Indonesia kaya dengan pemandangan alam yang indah dan budaya yang unik tidak seperti Singapura yang 'flat'. (asiaone)

Berita Lainnya
×
tekid