sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tips pers rilis disukai wartawan, ini panduan menggunakan T&J buat Humas

Satu peranti PR, T&J (Pertanyaan&Jawaban), digunakan lebih jarang, namun dapat sangat efektif.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Rabu, 22 Sep 2021 15:49 WIB
Tips pers rilis disukai wartawan, ini panduan menggunakan T&J buat Humas

"Bukan jawaban yang mencerahkan, tetapi pertanyaannya" - Eugene Ionesco

Daftar tanya-jawab (T&J) strategis yang ditulis dengan baik dapat membantu memandu wawancara. Panduan ini ditulis oleh Donna St. Jean Conti, Presiden St. Conti Communications, agen komunikasi pemasaran pemenang pemenang penghargaan, layanan penuh yang berspesialisasi dalam hubungan masyarakat, media sosial, dan dukungan penulisan. St. Conti telah berkecimpung bisnis selama lebih dari 20 tahun. Donna bergelar sarjana seni dalam komunikasi, ditambah akreditasi dari Public Relations Society of America, serta sertifikasi dari asosiasi lembaga periklanan Amerika.
Panduannya, seperti ini:

Praktisi Hubungan Masyarakat (PR) menggunakan berbagai alat dalam melakukan pekerjaan mereka, dengan pers atau rilis berita mungkin merupakan alat yang paling banyak digunakan. Satu peranti PR, T&J (Pertanyaan&Jawaban), digunakan lebih jarang, namun dapat sangat efektif. Bahkan, itu adalah pengalaman saya bahwa, setidaknya dalam hubungan antarbisnis Humas, T&J dinilai berharga oleh editor dan wartawan karena memberikan informasi langsung tentang perusahaan, produk, atau layanan. Klien harus menghargainya juga karena, ketika dibuat dengan baik, T&J memandu pembaca melalui dan ke kepastian pesan yang ingin disampaikan oleh komunikator.

Mengatasi Pertanyaan Umum

Ketika konsumen ingin mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan perusahaan Anda, cara yang efektif untuk membantu mereka dengan ini melalui halaman T&J atau daftar pertanyaan yang sering diajukan (FAQ). Tapi apakah halaman-halaman itu tepat? Karena ada artikel oleh Allen Hall Prector, halaman-halaman ini pada dasarnya transkrip wawancara yang diedit yang "mencakup pertanyaan langsung pewawancara dan respons wawancara dalam format tertulis."

Artikel selanjutnya menjelaskan bahwa format ini seringkali lebih disukai daripada cerita naratif, karena sederhana dan ditulis dalam mode "to-the-point." Artikel ini juga menjadi detail dengan tujuh langkah yang dijelaskan dengan baik tentang bagaimana seseorang harus mendekati dan menulis halaman T&J. Poin paling tajam ialah bahwa Anda harus memikirkan produk akhir dan pesan yang diinginkan sebelum melakukan wawancara, ketik seluruh transkrip sebelum mengedit, mengatur pertanyaan dalam urutan yang masuk akal, dan memeriksa kembali halaman itu setelah Anda menuliskannya. Memikirkan pertanyaan terbuka akan memungkinkan untuk respons yang lebih mendalam, dan mengedit transkrip penuh lebih mudah daripada yang parsial. Juga, memiliki pertanyaan yang diatur dengan cara yang bermakna mengarah pada navigasi yang efisien, dan meninjau kembali halaman setelah penyelesaiannya memungkinkan Anda untuk mendekatinya secara keseluruhan dengan perspektif yang segar.

Menurut artikel ini yang dimuat Search Engine Journal, pengembangan teknologi seperti pencarian suara, pencarian seluler, dan asisten pribadi/rumah tangga dan pembicara telah menyebabkan kebangkitan T&J. Ini karena semua inovasi "bergantung pada pra-hasil dan dapat ditargetkan secara khusus dengan halaman FAQ." Search Engine Journal menambahkan informasi lebih lanjut untuk yang disebutkan oleh Allen Hall Humas ketika menyatakan bahwa halaman FAQ yang efektif "mencerminkan kebutuhan audiens Anda, mencakup berbagai niat, sering diperbarui dengan data mutakhir, menggerakkan pemirsa ke halaman penting di situs, dan menampilkan keahlian dan wewenang di dalam ceruk Anda." Artikel kemudian terus menampilkan 25 contoh halaman FAQ yang efektif.

Menyatukan semuanya

Jadi, apa yang masuk ke T&J yang efektif? Berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan setelah meninjau kedua artikel, jawaban untuk pertanyaan ini adalah bahwa Anda harus mendekatinya dengan perspektif gambar besar, membuat lima hingga sepuluh pertanyaan dan jawaban yang dapat menyebabkan tindak lanjut pertanyaan dan yang memenuhi umum kebutuhan audiens. Gunakan kesempatan untuk memimpin audiens ke pesan yang ingin Anda sampaikan. Sebagai bagian dari ini, pastikan bahwa pertanyaan Anda dan respons yang diedit adalah tepat ke titik sasaran. Ketika dilakukan dengan benar, T&J yang digunakan untuk Humas informatif dan menanamkan rasa percaya pada audiens Anda sementara itu juga menampilkan keahlian dan otoritas pada subjek. (business2community)

Berita Lainnya
×
tekid