logo alinea.id logo alinea.id

1 juta petani dan nelayan ditarget go online

Untuk mendorong produktivitas di sektor pertanian dan perikanan, Kementerian Kominfo mendorong petani dan nelayan untuk aktif secara daring.

Soraya Novika
Soraya Novika Senin, 25 Feb 2019 20:40 WIB
1 juta petani dan nelayan ditarget go online

Untuk mendorong produktivitas di sektor pertanian dan perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong petani dan nelayan untuk aktif secara daring.

Direktur Informasi, Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo Septriana Tangkary mengungkapkan target keterlibatan petani maupun nelayan dalam kancah daring yang tengah diupayakan mencapai 1 juta pelaku hingga tutup tahun 2019.

"Saat ini, kami sudah menyinergikan target tersebut bersama-sama dengan pemerintah daerah (pemda) dan pihak terkait lainnya," ujar Septiana dalam acara Forum Sosialisasi: Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital di Ruang Serbaguna Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (25/2).

Adapun sinergi dengan Pemda yang dimaksud ialah salah satunya mengkoordinasikan kerja sama dengan marketplace yang tersedia.

"Untuk petani ada aplikasi Eragano, TaniHub, dan Limakilo, kalau untuk nelayan, Kominfo bersinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kenalkan aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin) serta Marketplace Perikanan Online Aruna," katanya.

Dilansir dari situs resmi Kominfo, sampai akhir 2018, jumlah petani yang saat ini sudah teregistrasi melalui aplikasi daring yang disediakan sebanyak 253.507 petani. Sedangkan, bagi nelayan pengguna Nelpin dan Aruna yang sudah difasilitasi tercatat mencapai 152.813 nelayan.

"Setidaknya hampir 45 kabupaten sudah kita kunjungi untuk menyelesaikan amanah tersebut," ucapnya.

Hingga akhir 2018, petani dan nelayan yang telah diperkenalkan aplikasi tersebut berasal dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kabupaten Kupang, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan.

Sponsored