sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

1 tahun pandemi, Wamen: Seperti Perang Dunia ke-3

Harus ada kebersamaan untuk mengatasi ini antara pemerintah dan masyarakat.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 02 Mar 2021 17:50 WIB
1 tahun pandemi, Wamen: Seperti Perang Dunia ke-3
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuono mengatakan, pandemi Covid-19 yang berlangsung selama satu tahun ini seperti “Perang Dunia ke-3” dengan musuh yang tak terlihat.

"Kalau Perang Dunia ke-I secara fisik, Perang Dunia ke-2 juga secara fisik. Tetapi pada perang ini musuhnya kasat mata. Yang terpegaruh bukan hanya kesehatan tetapi juga anak-anak menjadi tidak bisa tatap muka dalam sekolah, ekonomi juga berpengaruh. Saya paham masyarakat sudah mulai jenuh, sudah mulai capek. Tetapi harus ada kebersamaan untuk mengatasi ini antara pemerintah dan masyarakat," papar dia secara virtual, Selasa (2/3).

Untungnya dalam setahun ini, optimisme Indonesia untuk segera pulih dari pandemi sangat tinggi. Perbaikan sistem kesehatan termasuk 3T (Testing, Tracing, dan Treatment), terus dijalankan. Percepatan vaksinasi dan refocusing yang tepat sasaran juga memberikan optimisme, bahwa Indonesia akan segera kembali ke pulih lebih cepat. 

Pemerintah sendiri berencana memperkuat proses tracing, dengan mengerahkan semua sumber daya di setiap puskesmas. Di mana semua elemen puskesmas mulai dari kader hingga babinsa akan dikerahkan untuk memperkuat proses tracing. 

Untuk itu, pemerintah sudah membagikan 700.000 tes rapid antigen ke puskesmas di seluruh Indonesia. 

“Kemudian akan datang lagi 1 juta alat tes rapid antigen yang  akan dibagikan ke puskesmas-puskesmas, masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan gratis di puskesmas apabila memang kontak erat dengan pasien Covid-19,” imbaunya.

Sementara Pasien 01 Covid-19 Sita Tyasutami berharap, pandemi di Indonesia bisa terkendali secepatnya.

“Harapan saya tentunya sama  dengan semua orang, agar pandemi ini cepat berakhir. Jadi aku senang sekali dengan  kedatangan vaksin untuk rakyat Indonesia, dan berharap masyarakat sadar akan kondisi saat ini,  tidak berpikir ini bagian konspirasi dan kebohongan. Saat sulit seperti inilah kemanusiaan kita  diuji, kalau masyarakat tidak sinergi dengan pemerintah, pandemi ini tidak akan bisa kita lalui,” ujarnya.

Sponsored
Berita Lainnya

Ngotot mudik, kasus Covid-19 akan meroket

Kamis, 15 Apr 2021 19:09 WIB

Ben Wheatley beri bocoran film Meg 2

Kamis, 15 Apr 2021 19:40 WIB

Pakar dukung penegakan aturan larangan mudik

Jumat, 16 Apr 2021 08:15 WIB