sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

143 ribu pemudik sudah berangkat dari Stasiun Senen

Jumlah tersebut belum termasuk 25 ribu penumpang yang diperkirakan berangkat pada hari ini, menuju ke berbagai kota tujuan pemudik

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Senin, 11 Jun 2018 14:04 WIB
143 ribu pemudik sudah berangkat dari Stasiun Senen

Arus mudik 2018 kian terasa geliatnya di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, sedari pagi hingga sore hari menjelang buka puasa (11/6). Pemudik mulai berdatangan dan meramaikan Stasiun Pasar Senen untuk melakukan perjalanannya ke daerah tujuannya masing-masing.

Menurut Kapala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edi Koswoyo, Stasiun Pasar Senen akan memberangkatkan sebanyak 24.000-25.000 penumpang pada hari ini (11/6), dengan menggunakan 26 kereta Reguler dan 8 kereta tambahan. 

"Di Stasiun Pasar Senen ada 26 kereta reguler dan 8 tambahan jadi total, 34 perjalanan kereta. Di Stasiun Gambir ada 32 kereta reguler dan 13 kereta tambahan," paparnya di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Senin, (11/6).

PT KAI sudah memberangkatkan penumpang sebanyak 143.000 dari Stasiun Pasar Senen, dan 101.000 dari Stasiun Gambir dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sejak 5 hingga 10 Juni 2018. Berdasarkan data itu, telah terjadi peningkatan 3-5% jumlah pemudik dari tahun sebelumnya.

Terkait tiket tambahan yang kerap diburu pemudik, Edy menjelaskan tiket dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah habis terjual, dan hanya tersisa tiket untuk tujun dekat saja. "Itu pun gak banyak sisanya, hanya Bandung dan Cirebon,"ujarnya.

Tetapi, masyarakat masih berpeluang mendapatkan tiket. Khususnya dari penumpang yang membatalkan perjalanan. Datanya tertera di aplikasi PT.KAI sehingga masyarakat bisa langsung memantaunya untuk memesannya di aplikasi tersebut. Setidaknya ada sekitar 800 calon penumpang yang membatalkan pemberangkatan per harinya.

Direktur Jenderal Perkertaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, menyatakan terus memperbaiki kualitas pelayanan penumpang kereta api untuk mempermudah pemudik di tahun berikutnya. "Saya sempat masuk dan menemui penumpang. Mendengar keluhan mereka seperti sulitan mendapatkan tiket," paparnya saat melakukan tinjauan arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Senin (11/6).

Meskipun demikian, para penumpang mengaku nyaman dengan pelayanan yang telah diberikan PT KAI. "Enak kok, dan mereka mengaturnya juga bagus. Bagaimana biar tidak berdesak-desakan. Pokoknya beda jauh sama yang dulu," Kata Dwi dan Husen yang hendak mudik ke Semarang,Jawa Tengah. 

Sponsored