sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

2 titik jalur Transjakarta dipasang kamera tilang elektronik

Ambulans tanpa diskresi dilarang melintas di jalur Transjakarta.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 24 Sep 2019 13:37 WIB
2 titik jalur Transjakarta dipasang kamera tilang elektronik

Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) kini berlaku di jalur Transjakarta. Sudah dua titik dipasang kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) untuk merekam pengendara nakal yang masuk ke jalur Transjakarta.

"“Kami sudah memasang di dua titik, yaitu koridor Pasar Minggu dan Mampang," kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir, Selasa (24/9).

Menurut Nasir, aturan tersebut berlaku juga pada ambulans. Namun, hanya ambulans tanpa diskresi dari kepolisian yang terkena E-TLE. 

"Kalau ambulans memang prioritas, sehingga boleh masuk jalur Busway. Tetapi, untuk ambulans yang tidak memiliki diskresi oleh kepolisian, maka termasuk melakukan pelanggaran," kata Nasir saat dikonfrmasi, Selasa (24/9).

Nasir menyatakan, dua jalur tersebut dipasang terlebih dulu karena terjadi kemacetan saat pagi. Selain itu, perangkat kamera yang akan mengawal jalur Transjakarta disediakan sendiri oleh PT Transjakarta.

Nantinya, jalur Transjakarta lainnya akan diberlakukan hal yang sama secara bertahap . 

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan PT Transjakarta telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan sterilisasi jalur Transjakarta dengan pemasangan sistem tilang elektronik pada 9 September 2019.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyambut baik penandatanganan nota kerja sama tersebut. Menurutnya, kerja sama tersebut akan membawa dampak positif yang sangat besar kepada Transjakarta dan Polda Metro Jaya.

Sponsored

Menurut data yang dikumpulkan oleh PT Transjakarta, tingkat kesterilan jalur bus Transjakarta terus menurun terhitung sejak 2016 hingga 2018. Penerapan E-TLE tentunya diperkirakan bisa memberikan efek gentar terhadap pengguna jalan yang ingin menerobos jalur Transjakarta.

Agung mengatakan harapan penerapan sistem E-TLE adalah memberikan pemantauan terhadap jalur Transjakarta menggunakan teknologi dan mengurangi beban petugas Transjakarta dan Polda Metro Jaya.

Penerapan sistem E-TLE di jalur Transjakarta akan diterapkan mulai awal Oktober 2019. Semua kendaraan bermotor yang melintas akan terekam oleh kamera tilang elektronik. (Ant)

Berita Lainnya