sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

40.194 Bhabinkamtibmas akan sosialisasikan new normal

Seluruh kapolda diperintahkan memastikan new normal tersosialisasi secara merata.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 27 Mei 2020 23:05 WIB
40.194 Bhabinkamtibmas akan sosialisasikan new normal
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 75699
Dirawat 36455
Meninggal 3607
Sembuh 35638

Indonesia bersiap memasuki tatanan hidup baru atau new normal di tengan pandemi Covid-19. Sebanyak 40.194 Bhabinkamtibmas akan dikerahkan untuk mensosialisasikan terlebih dahulu program new normal. 

Hal itu, dimaksudkan agar masyarakat siap mengikuti program new normal dengan sejumlah aturan yang harus ditaati. "40.194 Bhabinkamtibmas, disiapkan untuk melakukan sosialisasi protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19,” kata Kepala Operasi Aman Nusa II, Komjen Agus Andrianto dalam keterangan resminya, Rabu (27/5).

Menurut Agus, para kapolda telah diperintahkan memastikan seluruh Bhabinkamtibmas sosialisasikan program new normal secara merata.

Di sisi lain, dia memastikan, seluruh jajaran Polri akan menjalankan tugas mengayomi dan melindungi masyarakat sesuai instruksi Presiden. Namun, Agus juga berpesan, agar seluruh masyarakat memiliki kesadaran memathui protokol pencegahan Covid-19.

Sponsored

"Dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif, diharapkan memunculkan kesadaran dan kedisiplinan yang kuat dari masyarakat dan dapat menekan angka persebaran virus serta menekan R-0 (R-Nought) agar tetap di bawah 1," ujar Agus.

Untuk diketahui, kebijakan new normal diambil pemerintah untuk menyelamatkan perekonomian, salah satunya mengurangi angka pemutusan hubungan kerja. Jika, new normal di sejumlah daerah penerapan new normal awal dinyatakan baik, maka program tersebut akan diperluas ke daerah lainnya.

Secara keseluruhan, aparat TNI dan Polri yang akan menjaga kebijakan newnormal berjumlah 340 ribu personel. Mereka akan disebar ke 1.800 titik keramaian.

Berita Lainnya