sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5.000 personel gabungan disebar amankan debat keempat Pilpres 2019

Pengamanan dilakukan dari lokasi hingga jalan menuju hotel tempat debat berlangsung.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 28 Mar 2019 19:44 WIB
5.000 personel gabungan disebar amankan debat keempat Pilpres 2019
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Aparat gabungan telah menyiapkan skema pengamanan debat keempat Pilpres 2019 yang akan berlangsung di Hotel Shangri La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3). Ribuan personel dikerahkan untuk menjamin acara tersebut berlangsung lancar dan aman.

"Personel yang diturunkan 5.000 orang, terdiri dari aparat gabungan TNI, Polri, ada dari pemda, kesehatan, pemadam kebakaran, dan sebagainya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/3).

Para personel keamanan itu akan disebar dalam empat ring di sekitar lokasi debat. Ring pertama berada di lokasi debat. Aparat keamanan yang diturunkan di wilayah ini berasal dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Untuk masuk ke ring satu melalui pintu sterilisasi. Di dalam lokasi debat juga ada pendukung pasangan capres masing masing, ada juga undangan VIP yang dikeluarkan oleh KPU," kata Argo menjelaskan.

Ring kedua berada di luar ruangan debat, termasuk basemen gedung Hotel Shangri La. Pihak keamanan yang diturunkan berasal dari personel TNI dan Polri. 

Adapun ring ketiga, berada di sekitar area pintu masuk hotel, termasuk di jalan yang berada di depan hotel. Sedangkan ring keempat berada di jalan yang menuju lokasi debat.

Menurut Argo, Polisi Lalu Lintas dapat menerapkan sistem buka tutup lalu lintas jika terjadi kemacetan di jalan menuju hotel. Namun, hal itu bergantung pada keputusan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) dalam merespons keadaan di lapangan.

"Semuanya kita atur, jangan sampai ada kemacetan yang panjang. Nanti dari Dirlantas akan menggunakan kekuatannya untuk mengatur lalu lintas, nanti ditempatkan di berbagai titik, jangan sampai ada kemacetan," katanya.

Sponsored

Debat keempat yang akan digelar di Hotel Shangrila, Jakarta, Sabtu (30/3) akan diikuti oleh dua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Debat kali ini mengusung tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Berita Lainnya
×
img