sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

600 pencari suaka masih berada di penampungan Kalideres

Pemerintah DKI mengaku sudah tidak memiliki anggaran dana untuk menangani pencari suaka.

Soraya Novika
Soraya Novika Sabtu, 31 Agst 2019 16:39 WIB
600 pencari suaka masih berada di penampungan Kalideres

Sekitar 600 pencari suaka yang berada di penampungan eks kodim, perumahan Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat belum dipindahkan. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mengimbau kepada United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) agar tempat penampungan disterilkan dalam waktu lebih kurang 24 jam ke depan.

"Intinya kami beri waktu 24 jam pada hari ini untuk mengosongkan penampungan eks Kodim," kata Taufan di penampungan, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (31/8).

Taufan mengatakan akan terus mendesak UNHCR untuk bisa segera memindahkan pencari suaka hari ini. Pasalnya pemerintah DKI mengaku sudah tidak memiliki anggaran dana untuk menangani pencari suaka.

Dari pantauan Alinea.id pencari suaka yang belum di pindahkan rata-rata dari Afganistan. Beberapa juga dari Somalia belum dipindahkan karena belum terdaftar namanya. 

"Rata-rata dari Afganistan belum, lebih kurang 600 orang," kata salah satu petugas UNHCR yang tidak ingin disebut namanya.

Hari ini pencari suaka di pindahkan menggunakan lima buah mini bus (big bird). Sedangkan untuk barang-barang pencari suaka tetap di angkut menggunakan truk Satpol PP.

Sebelumnya para pencari suaka hanya bisa menempati eks Gedung Kodim sampai 31 Agustus 2019. Bantuan makanan dari Dinas Sosial DKI Jakarta bagi para pencari suaka juga dihentikan sejak 21 Agustus 2019.

Sponsored

Selain makanan, bantuan fasilitas kesehatan dan air minum kepada para pencari suaka juga perlahan dihentikan.

Mulai 21-31 Agustus 2019, para pencari suaka disosialisasikan untuk meninggalkan eks Gedung Kodim.