sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Penyebaran virus corona makin meluas, Anies diminta lakukan operasi pasar 

Meningkatnya penyebaran virus corona, Pemprov DKI diminta antisipasi lonjakan harga bahan pokok.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Jumat, 20 Mar 2020 14:50 WIB
Penyebaran virus corona makin meluas, Anies diminta lakukan operasi pasar 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 81668
Dirawat 37450
Meninggal 3873
Sembuh 40345

Semakin meluasnya penularan virus corona mengakibatkan terjadinya pelambatan ekonomi. Wakil Ketua DPRD DKI, Zita Anjani mendesak, Gubernur Anies Baswedan mengantisipasi, terhadap dampak buruk dari Covid-19 di Jakarta.

"Status darurat kita sampai akhir Mei. Itu abis lebaran kayaknya. Kalau Covid-19 belum terkendali, dalam satu atau dua bulan ini. Harga bahan pokok pasti bakal naik dan bikin warga Jakarta teriak," kata Zita di Gedung DPRD DKI, Jum'at (20/3).

Menurut politikus PAN itu, beberapa bulan ini permintaan kebutuhan pokok masyarakat pasti akan meningkat.  Anak kandung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN itu menegaskan, Pemprov DKI harus bisa antisipasi agar tidak terjadi panic buying.

"Over demand, tapi supply bakal susah. Orang takut virus semua. Di mall udah banyak panic buying. Sekarang pasti bakal lanjut ke pasar-pasar," ujar Zita.

Sponsored

Menurut dia, ekonomi nasional akan mengalami pelambatan luar biasa. Di sini, kesiapan kepala daerah sangat diuji. "Selain urusan penularan, kita juga butuh makan," jelasnya.

Zita mengusulkan, agar Gubernur Anies merencanakan operasi pasar untuk beberapa bulan ke depan. Menurutnya, menjaga stabilitas harga bahan pokok sangat mendesak. "Kami ingin gubernur siap-siap buat operasi pasar. Pasti harga naik, warga makin panik. Jangan udah kejadian baru  semua ketar-ketir. Persiapkan dari sekarang." tandas Zita.

Berita Lainnya