sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Akses desa terisolasi di Bogor mulai terbuka

Tersisa Desa Cileuksa yang masih terisolasi. Kementerian PUPR belum tahu jumlah titik longsoran di sana.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 07 Jan 2020 21:27 WIB
Akses desa terisolasi di Bogor mulai terbuka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25216
Dirawat 17204
Meninggal 1520
Sembuh 6492

Sejumlah desa terisolasi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), mulai bisa diakses. Setelah beberapa titik yang tertutup longsoran berhasil dibersihkan menggunakan alat berat.

"Desa Pasir Madang yang kemarin terisolasi, sudah dibuka. Bantuan sudah bisa masuk," kata Ketua Satgas Pembukaan Jalur Utama Penghubung Desa Sukajaya-Cileuksa, Suparman A., di lokasi, Selasa (7/1).

Jalur penghubung Desa Sukajaya-Cileuksa merupakan satu dari dua jalan utama di Sukajaya. Rutenya Desa Sukajaya, Sipayung, Cisarua, Jayaraharja, Pasir Madang, dan Cileuksa.

Hujan deras melanda Kabupaten Bogor, Rabu (1/1) pagi. Membuat Sungai Cidurian meluap. Daerah sekitar pun mengalami banjir dan longsor. 

Terdapat enam titik longsoran dari Desa Cisarua. Sehingga, empat udik di jalur tersebut terisolasi.

Sehari berselang, tim gabungan berhasil membuka akses Desa Cisarua.Lalu Desa Jayaraharja pada H+4 dan hari ini, akses Pasir Madang.

Dengan demikian, tersisa Desa Cileuksa yang masih terisolasi. Kampung tersebut berbatasan dengan Kabupaten Lebak, Banten.

Suparman mengaku, belum tahu berapa jumlah titik longsoran di Cileuksa. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rencananya melanjutkannya esok (Rabu, 8/1).

Sponsored

"Alat berat yang di sini ekskavator besar satu, ekskavator kecil satu, kemudian buldoser satu, loader-nya ada empat," tuturnya.

Bencana mengakibatkan lebih dari 6.000 warga Kabupaten Bogor mengungsi. Sebanyak 11 jiwa lainnya meninggal dunia dan empat orang hilang. (Ant)

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:49 WIB
Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 WIB
Berita Lainnya