logo alinea.id logo alinea.id

Aksi damai Pilpres 2019 akan berlanjut

Berdasarkan kesepakatan dengan Polri, Abdullah mengatakan aksi tidak akan berlangsung lebih dari pukul 18.00 WIB.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Jumat, 14 Jun 2019 13:21 WIB
Aksi damai Pilpres 2019 akan berlanjut

Setelah sempat menghentikan aksi demonstrasi untuk salat Jumat, para demonstran berencana melanjutkan aksinya pada pukul 14.00 WIB.

Para pagi tadi, demonstran berasal dari Perhimpunan Alumni 212 yang mengenakan pakaian berwarna putih dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) berjaket kuning khas UI. Mereka berjumlah sekitar 300 orang.

Abdullah Hehamahua selaku koordinator aksi, menjamin aksi berjalan damai. Berdasarkan kesepakatan dengan Polri, Abdullah mengatakan aksi tidak akan berlangsung lebih dari pukul 18.00 WIB.

"Kami juga sudah mengimbau massa untuk membubarkan diri pada pukul 17.00 WIB. Massa melaksanakan salat Jumat di masjid terdekat," kata Abdullah.

Sponsored

Setelah salat Jumat, massa demonstran diperkirakan bertambah hingga mencapai 2.000 orang. Mereka juga melibatkan anggota Gerakan Nasional Pencari Fakta (GNPF), Front Pembela Islam, dan gabungan sejumlah mahasiswa.

"Kami akan tetap terus menyuarakan tuntutan menegakkan demokrasi dan keadilan, sambil lihat situasi nanti," kata Abdullah.

Sementara itu di jalan depan gedung Kementerian Pertahanan RI tampak sejumlah petugas kepolisian yang berjaga-jaga dan mengencangkan ikatan kawat berduri yang mereka pasang sebagai barikade. Kondisi jalanan juga basah lantaran hujan deras yang mengguyur sejak pukul 11.30 WIB.