sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aksi May Day, masyarakat diimbau tidak olahraga di GBK

Akan ada aksi May Day di GBK pada Sabtu (14/5) dengan peserta 60 ribu buruh.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 13 Mei 2022 08:49 WIB
Aksi May Day, masyarakat diimbau tidak olahraga di GBK

Polisi mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas olahraga terlebih dahulu di sekitar Gelora Bung Karno (GBK). Hal itu demi mengantisipasi adanya aksi May Day yang akan digelar besok (14/5).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan, akan dilakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan, salah satunya area GBK. Oleh karena itu, dia mengimbau tidak ada aktivitas olah raga agar tak ada yang terjebak.

“Kami imbau kepada seluruh warga Jakarta sebaiknya pada Sabtu sejak pagi hingga sore hindari kawasan Senayan dan depan MPR, DPR artinya kawasan Gatsu Senayan, Gerbang Pemuda Asia Afrika Jalan jenderal Sudirman sebaiknya dihindari,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (13/5).

Lebih lanjut dia menerangkan, laporan yang diterima pihaknya juga akan ada kendaraan para peserta aksi May Day diparkirkan di sekitar area GBK.

“Jadi beberapa pintu masuk yang digunakan ialah pintu sebelah 10 yang depan TVRI dan pintu 7 depan hotel Sultan dan bisa juga pintu 10 dan 7 ada kepadatan kami masukan di pintu 5 dekat FX nanti bisa ke GBK,” ucap dia.

Sebagai informasi, aksi May Day ini dilakukan sebagai penundaan lantaran pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2022 berdekatan dengan Hari Raya Idulfitri. Diklaim akan ada 60 ribu buruh yang turut dalam aksi May Day.

Ada empat konfederasi buruh yang terlibat aksi May Day, antara lain KSPSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Mereka akan berangkat ke GBK dengan menggunakan 1.900 bus.

"Kami pastikan aksi tersebut adalah aksi damai," ujar Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea Andi.

Sponsored
Berita Lainnya