sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Alasan Anies Baswedan umumkan dirinya positif Covid-19

Anies Baswedan imbau mereka yang berinteraksi langsung dengan dirinya melakukan tes Covid-19.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 01 Des 2020 11:10 WIB
Alasan Anies Baswedan umumkan dirinya positif Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan alasan mengumumkan dirinya positif Covid-19, Selasa (1/12), yakni agar mereka yang berinteraksi langsung dengannya segera melakukan tes Covid-19.

"Saya menyampaikan ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya selama beberapa hari terakhir ini, bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan, seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR," ungkapnya dalam video di akun media sosialnya hari ini.

Anies menambahkan, dalam penanganan Covid-19 sejak Maret yang lalu, Pemprov DKI selalu menyampaikan data Covid-19 apa adanya dan transparan.

"Tidak ditambah, tidak dikurangi dan diberikan secara lengkap," lanjutnya.

Anies menyampaikan, bagi siapa pun yang pernah bertemu dengannya dalam beberapa hari ini diminta langsung melakukan tes Covid-19.

"Langsung menghubungi puskesmas terdekat," ucapnya.

Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap (swab test) secara polymerase chain reaction (PCR) terhadapnya yang keluar pada Selasa (1/12) dini hari.

Anies menyampaikan, kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. Dirinya kini melakukan swakarantina dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis.

Sponsored

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif virus Covid-19. Riza mengumumkan sendiri kabar dirinya terinfeksi Covid-19.

Riza melakukan tes usap alias swab test dua kali, Kamis (26/11) dan Jumat (27/11). Dua-duanya menunjukkan hasil yang sama, positif korona. Namun, hingga kemarin, Riza merasa tubuhnya sehat walafiat. Tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan.

"Kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali," katanya. 

Sebagai langkah mitigasi, pria kelahiran Banjarmasin 50 tahun silam itu juga melakukan tes usap kepada seluruh staf dan anggota keluarganya.

Berita Lainnya