logo alinea.id logo alinea.id

Alumni UI keluarkan somasi soal klaim dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Jika somasi tidak diindahkan dalam 3 hari, Pengurus ILUNI UI akan melaporkan hal ini ke pihak berwajib.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Senin, 14 Jan 2019 18:48 WIB
Alumni UI keluarkan somasi soal klaim dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Ikatan Alumni (ILUNI) Universitas Indonesia keberatan dengan adanya undangan deklarasi dukungan terhadap salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2019. Keberatan tersebut dituangkan pihak alumni UI melalui somasi terbuka.

Ketua ILUNI UI, Arief Budhy Hardono, mengatakan pihaknya sangat menghargai proses politik untuk menentukan pimpinan nasional yang telah menjadi agenda lima tahunan. Namun demikian, perlu ditegaskan bahwa secara kelembagaan ILUNI UI tidak pernah dan tidak akan terlibat dalam politik praktis. 

Hal ini sejalan dengan prinsip yang dianut oleh Universitas Indonesia. Penegasan ini juga dapat dicermati dari Pernyataan Sikap ILUNI UI tanggal 6 Agustus 2018 yang menyatakan bersikap netral dalam proses demokrasi politik Indonesia di tahun 2019, baik dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemilihan legislatif. 

“Sangat disayangkan masih ada pihak-pihak yang berusaha menyeret ILUNI UI ke dalam politik praktis. Hal ini terbukti dengan beredarnya undangan deklarasi yang menempatkan ILUNI UI seakan-akan selaku pengundang, padahal hal ini jelas tidak benar termasuk penggunaan foto dan nama Pengurus ILUNI UI,” kata Arief.

Karena beredarnya undangan tersebut, menurut Arief, tidak dapat dipungkiri telah meresahkan alumni Universitas Indonesia. Karena itu, pengurus ILUNI UI perlu menegaskan posisinya dan langkah-langkah konstitusional yang akan diambil demi menjaga netralitas dengan mensomasi pihak-pihak yang telah membuat dan mengedarkan undangan tersebut. 

“Kami minta hentikan, tarik dan bekukan peredaran undangan tersebut. Juga perlu meminta maaf kepada ILUNI UI melalui pengurus,” ucap Arief.

“Jika somasi ini tidak diindahkan dalam waktu 3 hari sejak somasi ini dikeluarkan, maka tidak menutup kemungkinan pengurus ILUNI UI akan melaporkan hal ini ke pihak berwajib.”

Sebelumnya, pada Sabtu, 12 Januari 2019 kelompok yang mengatasnamakan alumni Universitas Indonesia menggelar deklarasi terhadap pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dari nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. 

Sponsored

Deklarasi tersebut dihadiri langsung oleh Jokowi di Senayan, Jakarta. Acara itu pun dihadiri oleh ribuan orang berkaus kuning dengan agenda deklarasi pembacaan dukungan alumni UI dan perguruan tinggi lainnya terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin.