sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ampuh, PDIP minta Anies pertahankan SIKM

SIKM bertujuan membatasi mobilitas masyarakat dari dan ke Jakarta.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Rabu, 08 Jul 2020 15:52 WIB
Ampuh, PDIP minta Anies pertahankan SIKM
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta tetap memberalkukan surat izin keluar masuk (SIKM) bagi warga dari dan ke Ibu Kota. Pertimbangannya, kasus positif coronavirus baru (Covid-19) masih meningkat.

"Memang (kasus) positif kita masih tinggi. Jakarta, kan, masih tinggi. Karena posisi tinggi, kan, kita mesti protect. Caranya, salah satunya, kan, SIKM," ucap Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Jakarta, Gembong Warsono, Rabu (8/7). 

Menurutnya, SIKM merupakan kebijakan yang ampuh dalam mengendalikan Covid-19 di Jakarta. Membatasi mobilitas warga sehingga menekan angka penularan, alasannya.

Apabila kebijakan itu dicabut, dirinya khawatir kasus Covid-19 akan melonjak lantaran masyarakat kian bebas keluar-masuk Jakarta. "Kasihan warga kita," katanya.

"Jangan karena satu dan lain mengorbankan sekian juta warga Jakarta. Saya kira, ini langkah yang positif untuk memproteksi diri dulu," sambung dia.

Karenanya, Fraksi PDIP meminta Pemprov Jakarta tetap memberlakukan SIKM. Pun mengabaikan permintaan pimpinan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Bagi Gembong, seharusnya PT KAI yang membuat inovasi meski Jakarta masih tetap menerapkan SIKM. "Mesti ada terobosan dari KAI, jangan mengubah (SIKM)," tutup Anggota Komisi A DPRD Jakarta ini.

SIKM diterapkan bagi masyarakat dari dan ke Jakarta saat pandemi. Rencananya diberlakukan hingga pemerintah pusat mencabut status darurat Covid-19.

Sponsored

Dalam pelaksanaannya, hanya ada 11 kelompok yang diperkenankan mengajukan dan memiliki SIKM. Akan diperluas seiring penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Belakangan, Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, menyurati Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, agar tak menerapkan SIKM. Dikhususkan bagi penumpang KA Argo Parahyangan relasi Jakarta-Bandung.

Berita Lainnya