sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Anies Baswedan rinci tuan rumah balap mobil Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengumumkan waktu pelaksanaan Formula E 2020 pada Jumat (20/9).

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 20 Sep 2019 00:46 WIB
Anies Baswedan rinci tuan rumah balap mobil Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengumumkan waktu pelaksanaan Formula E 2020 pada Jumat (20/9). 

Rencananya, Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam ajang balap mobil listrik internasional yang ke-6.

"Insha Allah besok sore akan diumumkan bersama waktunya kemudian rencana-rencana detail pelaksanaannya," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (19/9).

Anies menyebut bahwa pengumuman tersebut akan dilakukan bersama tim dari Formula E. Pemaparan detail kegiatan itu pun dilakukan di Monas, bukan di Istana Negara, sebab itu acara Pemprov DKI.

Anies optimistis ajang Formula E akan sukses. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, event ini tidak hanya memperkenalkan Jakarta ke dunia, namun juga akan berdampak pada perekonomian Ibu Kota.

Menurutnya, selain dari sponsor, pemasukan dari balap mobil ini juga berasal dari penonton yang datang ke Jakarta. Terkait penyelenggaraan ini, panitia masih menggodok harga tiket dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat.

”Diperkirakan sedikitnya uang yang berputar selama event ini mencapai lebih dari 78 juta euro (setara Rp1,2 triliun),” kata Anies.

Formula E merupakan kompetisi paling elite balap mobil berbasis listrik. Lomba ini memerlukan lintasan 3 kilometer yang akan menggunakan jalan raya.

Sponsored

Digagas pada 2012, Formula E pertama kali digelar di Beijing, China pada September 2014. Kejuaraan ini telah menjadi kalender resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA).