sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Anies Baswedan ujicoba jalur sepeda fase kedua di DKI

Uji coba jalur sepeda fase dua ini dimulai dari persimpangan lampu merah Fatmawati hingga Dukuh Atas.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Sabtu, 12 Okt 2019 09:37 WIB
Anies Baswedan ujicoba jalur sepeda fase kedua di DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba jalur sepeda fase kedua dengan rute Fatmawati, Jakarta Selatan-Sudirman, Jakarta Pusat pada Sabtu (12/10) pagi. Anies mulai menggowes pukul 07.25 WIB.

Anies Baswedan tak sendiri. Ia bersama beberapa jajaran Pemprov DKI seperti Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo dan Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti. Selain itu ada juga bebera artis seperti Dimas Seto, Dini Aminarti, Teuku Wisnu, Arie Untung, dan Marcella Zalianti. 

Selain itu turut pula hadir Direktur PT MRT William Sabandar, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dan sejumlah jajaran Pemprov DKI beserta masyarakat lainnya.

“Ini dari persimpangan Jalan Fatmawati dengan Jalan TB Simatupang dibangun jalur sepeda sepanjang 23 km,” kata Anies di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Sabtu (12/10).

Anies menyebut, uji coba jalur sepeda fase dua ini dimulai dari persimpangan lampu merah Fatmawati hingga Dukuh Atas. "Kita akan berakhir di Dukuh Atas, jadi kita sekarang sedang membangun jalur-jalur khusus sepeda," katanya.

Adapun pembangunan jalur sepeda ini diprioritaskan pada kawasan-kawasan yang diterapkan kebijakan ganjil genap. "Dan di sini titik awalnya ganjil genap daerah selatan terus sampai ke pusat," kata dia.

Selain untuk olahraga, Anies mengajak, kepada seluruh masyarakat untuk bersepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Menurutnya, tidak banyak memerlukan pelenngkap atau atribut untuk bersepeda.

"Cukup bawa sepedanya, pakaian nya juga pakaian biasa saja. Jadi sepeda bukan sebagai alat olahraga saja justru sepeda juga sebagai alat transportasi yang ada bonusnya berupa olahraga," ucap dia.

Sponsored

Sebagai informasi, jalur sepeda rute kedua mulai dari Fatmawati, Panglima Polim, Sisingamangaraja dan berkahir di Sudirman Jakarta Pusat. Jalur sepeda fase kedua ini akan tersambung dengan fase pertama yang terhenti di Bundaran Hotel Indonesia.

Pembangunan jalur sepeda di Jakarta dilakukan secara bertahap. Pembagiannya dilakukan menjadi tiga fase dengan total panjang jalur sepeda secara keseluruhan mencapai 63 Km.

Untuk fase ketiga sepanjang 15 km akan berada di sepanjang Jalan Tomang Raya menuju Simpang Tomang. Kemudian, belok kanan menuju Cideng, lalu menuju Jalan Kebon Sirih dan berakhir di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.