sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies-JK bertemu bahas masjid dan lingkungan

Pemprov DKI Jakarta salurkan bantuan uang per bulan untuk tempat ibadah.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Rabu, 17 Mar 2021 17:59 WIB
Anies-JK bertemu bahas masjid dan lingkungan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu Jusuf Kalla (JK) di acara pelantikan Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, di Balai Kota. Pada kesempatan itu, Anies menyampaikan harapannya agar para mengelola masjid menempatkan masalah lingkungan hidup sebagai prioritas.

Kata Anies, kontribusi masjid di dalam pengelolaan lingkungan menjadi sangat penting. "Di masjid, kita memanfaatkan air dan pemanfaatan air di Jakarta merupakan salah satu barang yang ada unsur kelangkaannya. Apalagi di tempat yang air bersihnya terbatas, sehingga ini perlu ada solusi,” ucapnya saat menghadiri pengukuhan pengurus wilayah DMI Provinsi DKI Jakarta masa Khidmat 2020-2025, Rabu (17/3).

Dengan begitu, Anies berharap pengelolaannya pun bisa menjadi contoh dan menginspirasi masyarakat sekitar untuk juga ramah lingkungan, sekaligus menjadi referensi untuk masjid-masjid di tempat lain.

Ia mengaku siap berkolaborasi lebih lanjut agar masjid ramah lingkungan. Pemprov DKI Jakarta pun memberi bantuan untuk seluruh rumah ibadah semua agama dalam bentuk Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI).

Anies melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta menyalurkan bantuan senilai Rp2 juta per bulan untuk tempat ibadah besar, seperti masjid. Kemudian Rp1 juta bagi tempat ibadah kecil.

Pemprov DKI Jakarta juga menyalurkan bantuan Rp500.000 untuk para pekerja agama. “Jadi, harapannya ini menjadi salah satu pendukung kegiatan keagamaan. Dan kita ingin semua merasakan kesetaraan dalam beribadah di Jakarta,” tutur Anies.

Sementara itu, Ketua Umum DMI Jusuf Kalla yang hadir secara langsung bersama Anies berpesan, masjid ke depan harus menghadapi tantangan yang lebih banyak. Sehingga, masjid dan para pengurusnya harus turut membuat solusi. Tak terkecuali, persoalan lingkungan.

“Masjid harus kita makmurkan, tetapi lebih penting kita memakmurkan masyaratnya. Saya ucapkan terima kasih atas bantuan partisipasi dan pembinaan masjid di DKI Jakarta,” ujar JK.

Sponsored
Berita Lainnya