sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies: Ramadan tahun ini jangan sedekah di jalan

Membagikan sedekah di jalan memiliki risiko penularan virus corona yang cukup besar.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 28 Apr 2020 17:09 WIB
Anies: Ramadan tahun ini jangan sedekah di jalan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga DKI untuk tidak membagikan sedekah di jalan selama bulan Ramadan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lantaran tahun ini terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia, dengan jumlah infeksi terbanyak di Jakarta. 

"Saya mengimbau untuk semua yang ingin bersedekah, untuk melakukan jalur yang berbeda tahun ini. Jangan seperti biasa membagikan di jalan," kata Anies di Jakarta, Selasa (28/4).

Menurutnya, membagikan sedekah di jalan memiliki risiko penularan virus corona yang cukup besar. Hal ini lantaran akan terjadi pengumpulan orang saat pembagian sedekah.

Bagi warga yang memiliki niat bersedekah, Anies menyarankan agar menyalurkannya melalui lembaga amil zakat yang tersedia. Selain dapat menghindarkan dari risiko penularan Covid-19, bantuan yang diberikan diyakini akan lebih tepat sasaran.

"Karena itu saya mengimbau para dermawan yang bersedekah gunakan badan badan amal zakat sedekah untuk membagikannya. Jangan membagikan sendiri di pinggir jalan karena merangsang banyak orang berkerumun menunggu pembagian," ujar Anies.

Adapun terhadap warga yang kehilangan tempat tinggal akibat terdampak pandemi Covid-19, Pemprov DKI telah menyediakan GOR sebagai tempat penampungan. Tunawisma atau gelandangan yang kerap "menyerbu' Ibu Kota di masa Ramadan, juga akan dikumpulkan di lokasi yang telah disiapkan.

Anies juga mengungkapkan, Pemprov DKI telah membangun dapur umum untuk memenuhi kebutukan makanan para tunawisma yang tinggal sementara di GOR yang disediakan. 

"Agar semua bisa tinggal di Jakarta walaupun tidak bisa tinggal di tempat bisa. Kita juga siapkan dapur umum di sini, jadi intinya jangan sampai ada yang telantar," ucap Anies.

Sponsored
Berita Lainnya