sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies-Riza diklaim tak terlibat korupsi pengadaan lahan rumah DP 0 rupiah

Riza Patria menyatakan, kepala daerah tidak pembahas hingga masalah teknis.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Kamis, 11 Mar 2021 09:08 WIB
Anies-Riza diklaim tak terlibat korupsi pengadaan lahan rumah DP 0 rupiah

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengklaim, dirinya dan Gubernur Anies Baswedan tidak terlibat dalam pembelian lahan di Munjul, Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, yang belakangan terindikasi terjadi korupsi. Dalihnya, kepala daerah tak membahas hingga teknis.

"Enggak mungkinlah gubernur-wagub ngurusin yang teknis-teknis. Yang besar-besar saja menyita waktu, apalagi masuk wilayah teknis. Itu tugas dinas, tugas sudin (suku dinas)," ujarnya di Balai Kota, Rabu (10/3) malam.

Kepala daerah, sambungnya, bertugas membuat kebijakan secara umum. Instruksi pengendalian banjir, normalisasi, naturalisasi, termasuk menyusun program rumah DP 0 rupiah.

"Kami minta dinas-dinas, BUMD untuk menyiapkan. Masing-masing bekerja, jadi kami tidak masuk wilayah teknis," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta ini.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama nonaktif Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles Pinontoan, bersama tiga pihak lain sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembelian lahan di Munjul seluas 4,2 ha. Negara disinyalir merugi hingga Rp150 miliar.

Riza Patria menerangkan, pembelian lahan tersebut untuk pembangunan rumah susun (rusun) DP 0 rupiah. Sarana Jaya bertugas sebagai pembeli lahan, pembangunan, hingga pemasarannya.

Dia melanjutkan, penugasan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta tersebut sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022. "Semua tanah yang dibeli itu sudah direncanakan peruntukan dan penggunaannya," jelasnya.

Sementara itu, Humas Sarana Jaya, Yulianita Rianti, sesumbar, kasus tersebut takkan berpengaruh dengan proyek DP 0 rupiah di Cilangkap dan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Sponsored

"Kami masih berfokus pada proyek DP 0 rupiah di Cilangkap dan Pondok Kelapa. Yang kami bisa pastikan juga, bahwa di dua lokasi tersebut tidak terkait dengan yang ramai saat ini di media. Cilangkap bisa kami pastikan bisa selesai sesuai target," paparnya.

Berita Lainnya