sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anies siapkan aturan salat Idulfitri di area terbuka

Pemprov DKI saat ini sedang menyusun regulasinya.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 04 Mei 2021 10:17 WIB
Anies siapkan aturan salat Idulfitri di area terbuka

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengizinkan masyarakat menyelenggarakan sholat Idulfitri di area terbuka. Saat ini, Pemprov DKI sedang menyusun regulasi untuk mengaturnya. 

Aturan itu akan mengatur berbagai keguatan seperti, pengendalian jumlah pengunjung pasar, mengawasi area perkantoran, dan memastikan kegiatan peribadatan selama Ramadan, hingga pelaksanaan salat Idulftri sesuai protokol kesehatan (prokes).

"Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Id di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya. Regulasinya nanti sesuai dengan arahan Surat Edaran Serektaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) DKI," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5).

Dia pun mengingatkan, agar semua pemangku kepentingan tidak lengah terhadap potensi penularan Covid-19 pasca Lebaran 2021. Berkaca dari 2020 lalu, banyak terjadi pergerakan orang dari daerah ke DKI Jakarta. 

"Di situlah momen yang sangat vital dan paling berisiko, sehingga seluruh jajaran Forkopimda di Jakarta, bahkan tetangga kita di daerah penyangga ibu kota juga diajak untuk berkolaborasi dalam mengendalikan mobilisasi warga tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, ahli epidemiologi dan biostatistik Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menilai, kasus Covid-19 bakal naik lagi, meski pemerintah resmi melarang mudik lebaran Idulfitri pada 2021. 

Sebab, masyarakat sudah abai terhadap 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Di sisi lain, pembatasan pergerakan masyarakat hanya bagus ‘di atas kertas’. Apalagi, saat ini varian baru Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Padahal Indonesia masih menghadapi gelombang pertama pandemi Covid-19.

"Penurunan kasus ini cuma sementara. Di negara-negara lain sudah peningkatan gelombang ketiga," ucapnya saat dihubungi Alinea.id, Rabu (14/4).

Sponsored
Berita Lainnya