sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Anthony Fauci optimistis vaksin Covid-19 tersedia akhir 2020

Pemerintahan Donald Trump telah berinvestasi dalam beberapa kandidat vaksin.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 01 Agst 2020 15:31 WIB
Anthony Fauci optimistis vaksin Covid-19 tersedia akhir 2020
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Pakar penyakit menular top di Amerika Serikat, Anthony Fauci optimistis vaksin Covid-19 yang aman dan efektif akan tersedia pada akhir 2020. Hal itu dikatakan Fauci di hadapan Kongres AS. 

Fauci menyatakan skeptis terhadap upaya pengembangan vaksin yang dilakukan Rusia dan China. Dia menekankan, AS tidak perlu bergantung pada negara lain untuk mendapatkan vaksin coronavirus jenis baru.

"Kami berharap pada saat kami memasuki akhir musim gugur dan awal musim dingin, kami akan memiliki vaksin yang aman dan efektif," kata dia dalam sambutannya.

Dia kemudian menambahkan, "Saya berharap China dan Rusia benar-benar menguji vaksin mereka sebelum memberikannya kepada siapa pun."

Sejauh ini, AS mencatat lebih dari 4,4 juta kasus infeksi Covid-19, termasuk total kematian melebihi 151.000.

Pemerintahan Donald Trump telah berinvestasi dalam beberapa kandidat vaksin melalui sebuah inisiatif bernama Operation Warp Speed. Pada Senin (27/7), diumumkan satu vaksin potensial, yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Moderna dan National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), akan memasuki tahap tiga uji coba yang dilakukan di hampir 100 pusat penelitian di AS dan melibatkan sekitar 30.000 sukarelawan.

Setelah memaparkan perkembangan terbaru mengenai vaksin potensial, Fauci menghadapi pertanyaan terkait gelombang protes Black Lives Matter yang masih berlangsung di beberapa negara bagian.

Anggota Partai Republik, Jim Jordan, bertanya kepada Fauci terkait kemungkinan pemerintah AS yang harus membatasi protes demi mencegah penyebaran virus.

Sponsored

"Saya akan menyerahkan keputusan itu kepada orang-orang yang memiliki posisi untuk melakukannya," jawab Fauci. "Saya tidak akan menentang pembatasan apa pun. Saya memaparkan bahaya yang ada dan Anda bisa membuat kesimpulan sendiri tentang itu. Anda harus menjauh dari keramaian, di mana pun keramaian itu berada."

Dalam sidang di kongres, Fauci juga menerima kritik dari anggota Partai Demokrat, Jim Clyburn. Dia menyebut bahwa pemerintah federal belum menerapkan strategi nasional untuk melindungi rakyat AS dari dampak pandemi.

Clyburn menambahkan, tingkat infeksi di AS melonjak jauh melebihi infeksi di Eropa.

Fauci kemudian membantahnya dengan mengatakan bahwa lockdown atau karantina wilayah akibat Covid-19 telah membuat ekonomi negara-negara Eropa jatuh. (The Guardian).

Berita Lainnya