sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Arab Saudi negosiasi dengan pemerintah RI soal Rizieq Shihab

Pemerintah Arab Saudi tengah mengkaji kemungkinan memulangkan bos FPI Rizieq Shihab.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Senin, 25 Nov 2019 17:40 WIB
Arab Saudi negosiasi dengan pemerintah RI soal Rizieq Shihab
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 22750
Dirawat 15717
Meninggal 1391
Sembuh 5642

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi berkunjung ke kantor Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

Dari pantauan Alinea.id, pertemuan berlangsung secara tertutup sejak pukul 14.50 WIB hingga 15.45 WIB. Usai pertemuan, Esam mengatakan, ia dan Mahfud umumnya membahas mengenai kerja sama bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia.

"Seperti hubungan kerja sama Islam, seperti konferensi tahunan Islam di Jakarta dan Arab Saudi dan juga kita mendiskusikan mengenai membawa ulama Saudi mengunjungi Jakarta dan berkeliling ke berbagai kota di Tanah Air," ujar dia. 

Saat ditanyai terkait polemik pencekalan pemimpin Front Pembela Indonesia (FPI) Rizieq Shihab, Esam mengatakan, ia dan Mahfud tidak membahas hal itu secara spesifik. Namun demikian, ia mengakui, urusan Rizieq tengah dikaji oleh otoritas Arab Saudi. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan proses negosiasi terkait Rizieq tengah berjalan antara pemerintah Arab Saudi dan Indonesia. "Masalah ini sebenarnya sedang dinegosiasikan oleh otoritas atau pejabat tinggi kedua negara dan kami berharap ini segera bisa diselesaikan," terangnya.

Namun demikian, Esam enggan memberikan penjelasan secara rinci terkait negosiasi itu. Ia juga bungkam saat wartawan meminta klarifikasi terkait keputusan pemerintah Arab Saudi melarang Rizieq pulang ke Indonesia. 

Larangan itu sebelumnya diungkapkan juru bicara FPI Munarman. Menurut Munarman, Rizieq tidak dicekal oleh imigrasi Indonesia, tapi dicegah pulang oleh pihak imigrasi Arab Saudi. 

"Jadi memang betul keimigrasian Indonesia tidak pernah terbitkan surat pencekalan. Tapi, di Arab Saudi. Jadi, ini bukan masalah keimigrasian. Tidak tepat karena HRS bukannya tidak dapat masuk ke Indonesia, tapi dilarang keluar dari Arab," ujar Munarman. 

Sponsored

Rizieq hingga kini masih berada di Arab Saudi. Bos FPI itu terbang ke Arab Saudi pada 2017 untuk umrah. Ketika itu, Rizieq digadang-gadang mengasingkan diri ke Arab Saudi karena tengah tersangkut sejumlah kasus hukum. 

Berita Lainnya