sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Artis VA resmi ditahan

VA akan ditahan selama 20 hari ke depan terhitung hari ini.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Rabu, 30 Jan 2019 16:26 WIB
Artis VA resmi ditahan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Artis VA resmi ditahan Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) atas dugaan kasus prostitusi daring. Kabid Humas Polda Jatim, Frans Barung Mangera, mengatakan surat perintah penahanan VA telah ditandatangani oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

"Hari ini resmi kita tahan sejak pukul 15.00 WIB," ungkap Barung di Mapolda Jatim, Rabu (30/1).

Dia mengatakan, VA akan ditahan selama 20 hari ke depan, hingga 19 Februari mendatang. Penahanan dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan yang dilakukan penyidik Sub Direktorat V Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Polda Jatim.

Barung memastikan, penahanan sudah melalui proses hukum yang benar dan obyektif. Penahanan, sesuai dengan Pasal 21 Ayat 4 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), yang menyatakan syarat objektif penahanan seorang tersangka, dapat dilakukan jika ada ancaman hukuman lima tahun penjata atau lebih. 

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara.

"Syarat subjektif yang mendasari penerbitan surat perintah penahanannya adalah dikhawatirkan tersangka VA menghilangkan barang bukti dan melarikan diri," ucap Barung.

VA ditetapkan sebagai tersangka prostitusi daring pada Rabu (16/1) lalu. Dia dinilai terlibat dalam jaringan prostitusi daring yang melibatkan ratusan artis dan model tanah air.

Selain VA, penyidik Polda Jatim juga telah menetapkan empat orang tersangka lain, yang bertindak sebagai muncikari. Mereka adalah ES, TN, F, dan W. (Ant)

Sponsored
Berita Lainnya