sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Arus balik, Menhub: Ada 21 titik pemeriksaan rapid test antigen

Pemerintah gelar random check Covid-19 untuk mengantisipasi lonjakan selama arus balik Lebaran.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Sabtu, 15 Mei 2021 15:44 WIB
Arus balik, Menhub: Ada 21 titik pemeriksaan rapid test antigen

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar random check atau tes acak Covid-19 untuk mengantisipasi lonjakan kasus selama arus balik Lebaran 2021. Random check rapid tes antigen itu bersifat mandatory.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terdapat 21 titik atau lokasi untuk pemeriksaan rapid test antigen bagi pengguna jalan tol yang akan kembali ke Jakarta pada saat arus balik Lebaran. Sebanyak 13 titik di antaranya berada di rest area mulai dari pintu tol Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat serta beberapa titik di gerbang tol yang akan disiapkan.

Mandatory test akan dilakukan di dua tempat, yakni antara Jawa-Sumatra dan antara Bali-Jawa. "Bahkan Pak Menkes (Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin) memberikan subsidi atas antigen di beberapa tempat itu," ujarnya.

Budi Karya mengatakan, beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat, tes antigen dilakukan di kota-kota maupun di rest area. "Secara khusus kita melakukan pengetatan, dalam tanda kutip melakukan testing di jalan arteri di Bakauheni," jelasnya.

Sponsored

Budi menyebut secara kumulatif jumlah mudik tahun ini melalui udara, laut, darat dan kereta api hanya sebesar 55%, baik sejak pramudik hingga pelarangan mudik.

Budi menambahkan, jika mudik dibiarkan atau tidak dilarang, maka sebesar 33% warga akan pulang kampung. "Pada saat pelarangan turun jadi 7%. Dan setelah itu kita melakukan suatu aksi, yang juga dilakukan Polri, turun lagi menjadi kurang lebih 1,5 juta lebih sedikit. Apa yang kita lakukan cukup efektif. Di sektor udara, laut dan kereta api trun sampai 10%. Tapi kumulasi dari pergerakan ini kurang lebih 55% dari hari pramudik sampai peniadaan," pungkasnya.

Berita Lainnya