sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Arus mudik usai, lalu lintas kembali normal

Polri menyatakan sejak pukul 07.00 WIB arus lalu lintas kembali normal.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 09 Mei 2022 08:28 WIB
Arus mudik usai, lalu lintas kembali normal

Polri menyatakan situasi arus balik mudik Lebaran 2022 hingga pagi ini sudah lancar tanpa adanya kemacetan di ruas jalan menuju Jakarta.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo menuturkan, pantauan hingga pukul 07.00 WIB memang masih ramai. Namun, kondisi lalu lintas sudah dapat dikatan normal.

"Dilaporkan pemantauan arus balik Senin 9 Mei 2022 pukul 07.00 WIB, ruas tol Kalikangkung Km 414 sampai 47 tol Cikampek arah Jakarta dan Jawa menggunakan ruas tol secara normal," kata Dedi dalam keterangan resmi, Senin (9/5).

Sebelumnya diberitakan, rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap saat arus balik mudik Lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek juga telah ditiadakan. penghentian diputuskan setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik yang sudah mulai lancar.

"Ini juga sekaligus menandakan bahwa jam 00.30 WIB tadi pagi, kami memastikan dengan rombongan menyisir jalan dari arah Jakarta menuju KM 70 ini, kantor yang juga penuh sejarah tempat kami terus berkoordinasi selama ini dari jam ke jam memantau melayani masyarakat yang akan balik," ujar Kakorlantas Polri Irjen Firman Shatyabudi dalam keterangan resmi, Senin (9/5).

Dia juga menyatakan, angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen. Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik lebaran 2019 periode sebelum pandemi covid-19.

"Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilahturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covidnya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta," tuturnya.

Menurut Firman, selama operasi ini, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

Sponsored

"Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan bahan evaluasi ke depan," tuturnya.

Berita Lainnya