sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Banjir kiriman diprediksi landa Jakarta pukul 7 malam

Banjir kiriman berasal dari luapan air dari wilayah Bogor dan Depok.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 01 Jan 2020 14:31 WIB
Banjir kiriman diprediksi landa Jakarta pukul 7 malam
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Air dari Bendung Katulampa diprediksi sampai ke Jakarta malam ini. Sejak pukul 11.00 WIB pagi tadi, status Bendung Katulampa berstatus Siaga III dengan ketinggian 170 cm.

Kapusdatin BPBD DKI Ridwan Ibrahim mengatakan, luapan air juga akan sampai Jakarta dari pintu air Depok. Hingga pukul 10.35 WIB, pintu air tersebut berstatus Siaga I dengan ketinggian 350 cm. Masyarakat pun diminta mewaspadai hal tersebut.

"Kemungkinan air akan masuk je Jakarta dari Katulampa sembilan jam dan Depok enam jam, yaitu pukul 19.00 malam ini," kata Ridwan saat dihubungi, Rabu (1/1).

Sementara itu, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat melakukan evakuasi terhadap orang sakit di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Evakuasi dilakukan memakai perahu karet.

"Proses evakuasi diprioritaskan orang sakit dulu," ucap Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Hardisiswan saat dikonfirmasi.

Akbar mengatakan, di Petamburan ketinggian banjir sudah mencapai dada orang dewasa. Masyarakat pun akhirnya memilih mengungsi dari rumahnya dan berharap bantuan segera datang.

"Banjir di sini mulai dari 10 cm, sampai sedada orang dewasa, satu meter lebih," ucap Akbar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini pihaknya fokus melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak Selasa (31/12) sore.

Sponsored

"Pada fase ini semua fokus pada evakuasi penyelamatan warga. Karena curah hujan tidak dalam kendali kita, tapi penanggulangan ada dalam kendali kita. Sekarang fokus kita ke situ dulu," kata Anies saat dijumpai meninjau Tanggul di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, Rabu (1/1).

Saat Cipinang Melayu, Jakarta Timur, tadi pagi, Anies mengatakan di lokasi tersebut masih banyak masyarakat yang terjebak di kediamannya dan membutuhkan evakuasi.

"Tadi di Cipinang Melayu, sudah ada 10 lebih perahu karet kita masuk ke kampung- kampung menjemput warga yang masih di dalam. Lebih dari 100 warga masih di dalam rumahnya," ujar Anies.

Menurut Anies, saat ini banjir tidak hanya melanda wilayah Ibu Kota Jakarta tapi juga wilayah lainnya seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Karena itu selain fokus pada evakuasi warga, pihaknya juga bersiap menghadapi lonjakan air kiriman dari Depok dan Katulampa.

"Kita harus mengantisipasi air yang datang dari pegunungan, tadi jam 09.00 WIB, Depok sudah Siaga II, di Katulampa juga posisi sudah meningkat," katanya.

Berita Lainnya
×
img