sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Banjir Lebak, polisi dalami gundulnya Gunung Halimun

Polda Banten mendalami dugaan penggalian tambang emas di Gunung Halimun Salak.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Jumat, 03 Jan 2020 22:06 WIB
Banjir Lebak, polisi dalami gundulnya Gunung Halimun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Kepolisian Daerah Banten (Polda Banten) akan mendalami dugaan penggundulan di hulu sungai Ciberang, tepatnya Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Gundulnya Gunung Halimun Salak tersebut diduga menjadi penyebab banjir bandang dan longsor yang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten pada Rabu (1/1) lalu.

"Nanti setelah ini selesai semua bantuan evakuasi pertolongan kita akan dalami apa penyebabnya saat ini kita fokus pertolongan dulu," kata Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir di lokasi banjir di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (3/1).

Dijelaskan Tomsi, bencana banjir bandang dan longsor di Lebak memiliki karakter berbeda dengan dengan fenomena banjir di daerah lain.

Banjir di Lebak, jelas dia, langsung mengalir deras dengan kekutan menerjang permukiman warga di enam kecamatan di Kabupaten Lebak.

"Karena ada perbedaan-perbedaan di titik-titik itu, sebab-sebabnya kalau ditempat lainkan pelan-pelan menggenang disini kan airnya ngebut," katanya.

Polda Banten juga akan mendalami kabar yang beredar terkait penggalian tambang emas dan pembalakan liar di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

"Kan kita dalami nanti bersama instansi terkait mungkin dari Lingkungan Hidup dan pemerintah setempat," tutupnya.

Sponsored

Sebelumnya, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya mengatakan, penyebab banjir bandang yang menimpa wilayahnya akibat bukan hanya disebabkan luapan sungai, melainkan gundulnya kawasan Taman Nasional Gunung Halimun–Salak (TNGHS). 

"Bukan hanya luapan sungai, di sini kan kawasan TNGHS, kondisi vegetasi hutannya sudah tidak ada tanaman yang kuat, hujan semalam saja sudah begini," katanya beberapa hari lalu.

Pemkab Lebak akan melakukan melaporkan kondisi gundulnya kawasan Gunung Halimun, Jawa Barat yang menyebabkan bencana tersebut.

"Nanti kita akan koordinasi dengan stakeholder lainnya, akan foto udara untuk dilaporkan ke pemerintah pusat bagaimana upaya kita bersama, bagaimana penanganan supaya tidak terjadi bencana berikutnya," tutupnya.

Berita Lainnya