sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bareskrim segera limpahkan tersangka Indosurya ke Kejagung

Bareskrim juga akan berkoordinasi dengan Kejagung, PPATK, OJK, perbankan, dan pihak terkait kelanjutan perkara ini.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 27 Mei 2021 07:19 WIB
Bareskrim segera limpahkan tersangka Indosurya ke Kejagung

Penyidik Bareskrim Polri segera melimpahkan berkas perkara tiga tersangka kasus penggelapan dan penipuan Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Inti/Cipta.

Dirtipideksus Barekrim Polri, Brigjen Helmy Santika, menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung, PPATK, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pihak perbankan terkait kelanjutan penanganan kasus tersebut. Koordinasi diperlukan agar mendapat masukan tentang konstruksi perkara yang dibangun oleh penyidik. 

Untuk diketahui, tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Ketua KSP Indosurya, Henry Surya; Manager Direktur Koperasi, Suwito Ayub; dan Head Admin, June Indria. Selain itu, KSP Indosurya juga ditetapkan sebagai tersangka korporasi.

"Setelah koordinasi dengan Kejaksaan Agung, PPATK, OJK, dan pihak perbankan untuk melengkapi alat bukti, penyidik akan melakukan pemberkasan terhadap tiga tersangka kasus Indosurya," ujar Helmy dalam keterangan resminya, Kamis (27/5).

Dia menjelaskan, penuntasan kasus ini dilakukan dengan sangat hati-hati karena banyaknya korban. Bahkan, pemeriksaan saksi ahli hingga kini masih terus dilakukan guna melengkapi berkas.

“Ini juga membutuhkan waktu karena perlu penyitaan ribuan dokumen," ucapnya.

Dalam proses penyidikan, Helmy menambahkan, tersangka Henry Surya mengajukan bukti baru putusan perjanjian perdamaian (homologasi). Pada Juli 2020, majelis hakim pengadilan niaga PN Jakpus memutus pengesahan homologasi perkara penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) antara KSP Indosurya Cipta dengan para kreditur.

"Termasuk putusan PN Jakpus tentang PKPU yang harus diikuti meski dikesankan bahwa penyidikan berjalan lamban, namun sebenarnya masih on the track," katanya.

Sponsored
Berita Lainnya

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB