sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Baru dijual hari ini, ribuan tiket KAI Lebaran sudah ludes

Ribuan tiket PT Kereta Api Indonesia (Persero) khusus lebaran yang mulai dijual hari ini, Senin (25/2) pukul 00.00 WIB, sudah habis terjual.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 25 Feb 2019 21:52 WIB
Baru dijual hari ini, ribuan tiket KAI Lebaran sudah ludes
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 74018
Dirawat 35764
Meninggal 3535
Sembuh 34719

Ribuan tiket PT Kereta Api Indonesia (Persero) khusus lebaran yang mulai dijual hari ini, Senin (25/2) pukul 00.00 WIB, sudah habis terjual.

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Agus Komarudin, mencatat penjualan tiket kereta hingga pukul 17.25 WIB untuk pemberangkatan H-10 lebaran yang sudah terjual 100% yakni, Kereta Api Bengawan jurusan Stasiun Pasar Senen–Stasiun Purwosari, Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan jurusan Stasiun Pasar Senen–Stasiun Gubeng Surabaya.

Kemudian, Kereta Api Brantas jurusan Stasiun Pasar Senen–Stasiun Blitar, Kereta Api Kertajaya jurusan Stasiun Pasar Senen–Stasiun Pasar Turi Surabaya, Kereta Api Fajar Utama jurusan Stasiun Pasar Senen–Stasiun Tugu Yogyakarta, dan Kereta Api Mutiara Selatan jurusan Stasiun Bandung–Stasiun Malang.

“Namun setiap saat bisa berubah seiring perjalanan waktu,” kata Agus saat dihubungi Alinea.id, pada Senin (25/2) petang.

KAI telah membuka penjualan tiket KA khusus angkutan Idul Fitri 2019 sejak H-90 sebelum keberangkatan. Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 5-6 Juni 2019, tiket KA H-10 atau mulai 26 Mei 2019, sudah bisa dibeli oleh calon penumpang.

Pembelian dapat dilakukan melalui laman resmi kai.id, aplikasi KAI Access, dan aplikasi perjalalanan yang bermitra lainnya. 

Selama Lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 KA reguler dan 50 KA tambahan dengan total mencapai 406 KA. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3% dari jumlah tahun sebelumnya yaitu 393 KA.

Setiap harinya, KAI menyediakan 247.010 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang pada 2019 mengalami kenaikan sebanyak 5% dari tahun sebelumnya yaitu 236.210 tempat duduk.
 
Adapun, KAI menyediakan 50 KA tambahan selama Lebaran 2019 yang dapat dipesan mulai H-60. Penambahan KA ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang KA pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Sponsored

Sebanyak 50 KA tambahan Lebaran 2019 tersebut terdiri atas 27 KA eksekutif dan bisnis, 11 KA ekonomi non-PSO, 4 KA ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

KAI memerkirakan puncak arus mudik akan terjadi Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3).

Petugas Stasiun Pasar Senen sedang membantu calon penunpang kereta untuk mencetak tiket, di Stasiun Pasar Senen, pada Senin (25/2). / Achmad Al Fiqri-Alinea.id

Loket masih sepi

Sementara itu, berdasarkan pantauan Alinea.id di Stasiun Pasar Senen, belum terlihat kepadatan antrean panjang calon penumpang kereta api untuk pembelian tiket H-10 lebaran. Mayoritas penumpang membeli tiket untuk keberangkatan hari ini hingga bulan Maret mendatang.

Dari pukul 14.30 hingga 16.00 WIB di ruang pemesanan tiket Stasiun Pasar Senen, sekitar lima orang calon penumpang saja yang menanyakan informasi tiket keberangkatan kereta api lebaran. Kelima orang tersebut, menanyakan informasi pembukaan tiket kereta keberangkatan H-3 lebaran.

Akan tetapi, antusiasme penumpang untuk membeli tiket kereta lebaran dirasakan oleh Staff Customer Service Stasiun Pasar Senen Irsyad mengaku hari ini dirinya telah melayani sekitar 200 calon penumpang untuk kereta lebaran.

“Hingga hari ini saja sekitar 200 orang yang menanyakan informasi tiket kereta lebaran. Tetapi, kebanyakan mereka menayakan tiket untuk H-5 sampai H+10 lebaran ya,” kata Irsyad, saat ditemui di Ruangan Customer Service Kereta Api Indonesia Stasiun Pasar Senen, pada Senin (25/2).

Ia mengatakan untuk pembelian tanggal 26 Mei 2019 atau H-10 lebaran sudah banyak yang memesan, terlebih untuk kereta ekonomi. Sebab, mayoritas pelayanan kereta di Stasiun Pasar Senen melayani jenis kereta ekonomi.

“Kalau untuk pembelian tanggal 26 Mei (H-10 lebaran) sudah banyak sih mas. Karena kebanyakan kan penumpang Stasiun Pasar Senen itu pakai kereta ekonomi ya. Soalnya mereka (Penumpang) datang jauh-jauh ke sini buat nyari tiket murah sih,” ucapnya.

Irsyad, mengatakan kota tujuan yang paling banyak diminati oleh masyarakat di saat musim mudik lebaran ialah Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. Berdasarkan datanya, sampai pukul 16.00 WIB, Kereta Api Bengawan tujuan Stasiun Lempuyangan sudah ludes dipesan.

“Kalau Semarang, dan Surabaya masih tersedia, tetapi biasanya kereta yang paling diminati Kereta Kertajaya ya. Kertajaya untuk keberangkatan tanggal 26 Mei sudah habis dipesan,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Customer Service Stasiun Gambir Yoga Agil Wibowo, mengatakan beberapa calon penumpang kereta tanggal 26 Mei 2019 sudah ada yang menanyakan informasi mengenai tiket keberangkatan kereta H-10 lebaran.

“Sekitar puluhan sih. Ya, paling lima belasan orang yang sudah menanyakan tiket kereta lebaran hari ini. Kalau yang sering memakai kereta api di Stasiun Gambir, biasanya mereka sudah langsung pesan melalui website,” kata Yoga secara terpisah.

Lebih jauh, Agil, mengatakan kota tujuan yang menjadi tujuan utama para pemudik kereta api melalui Stasiun Gambir ialah kota-kota besar yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Biasanya Jogja, Solo, Malang, Purwokerto, Surabaya, Cirebon, yang pasti sih kota-kota familiar dan kota yang paling bayak dikunjungi sih,” ucapnya.

Adapun tiket mudik lebaran sudah dapat dipesan melalui semua channel pemesanan yang telah disediakan oleh PT KAI. Hal ini tentunya dapat memudahkan para calon penumpang untuk memakai layanan tranportasi tersebut.

Berdasarkan penuturan salah seorang penumpang kereta api, Amet Widjaya mengaku puas dengan pelayanan pemesanan tiket kereta. Menurutnya, sistem pelayanan saat ini lebih efisien dan lebih cepat.

"Kalau pelayanan tiket kereta sekarang sih sudah enak, tidak usah cape-cape ngantre lagi di stasiun, cepet, gampang juga. Hanya saja kalau malam paling air di toilet kereta suka habis, paling itu saja sih,” ucapnya.

Hal itu juga dirasakan oleh calon penumpang asal Bandung Jani yang mengaku sistem pelayanan tiket kereta secara online dapat memudahkan para penumpang. Sebab, pemesanan tiket secara online dapat dilakukan kapan, dan di mana saja.

"Gampang sudah enak bisa pesan di mana saja sudah bisa. Pesan di rumah saja sudah bisa kita naik kereta. Banyak cara sih. Tetapi pesannya harus jauh-jauh hari kan suapaya dapat tiketnya," kata Jani.

Sementara itu, menurut calon penumpang kereta di Stasiun Gambir, Lorenzo, mengaku suka mengalami kendala dengan sistem pelayanan tiket kereta secara online.

“Tetapi kalau ada gangguang signal, itu yang buat agak kurang ya. Soalnya saya pernah mengalami beberapa kali,” ucap pria berumur 24 tahun itu, saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Berita Lainnya