sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Basarnas akan fokus operasi cari korban SJ-182

Evakuasi dan pencarian dengan tiga teori, yakni dengan melakukan pencarian di atas permukaan laut, penyelaman, serta penyisiran.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Senin, 11 Jan 2021 22:54 WIB
Basarnas akan fokus operasi cari korban SJ-182

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan fokus terhadap pencarian korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182, pada Selasa (12/1).

"Rencana besok walaupun malam ini masih tetap berlangsung kami fokus melaksanakan evakuasi dan pencarian korban, dan tentunya secara simultan diikuti oleh pencarian material dan lainnya," kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya Bagus Puruhito di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1).

Dia menyatakan, evakuasi dan pencarian dengan tiga teori, yakni dengan melakukan pencarian di atas permukaan laut. Kemudian, melakukan penyelaman, dan penyisiran maupun pemanfaatan alat deteksi sonar yang dimiliki kapal.

Dia berharap, operasi SAR dapat berjalan lancar sehingga memudahkan tim SAR gabungan melakukan evakuasi dan pencarian korban. "Semoga operasi SAR tetap berjalan dengan lancar dan segera dapat kami menyelesaikannya," ucapnya.

Sponsored

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak call sign SJ-182 sempat hilang kontak beberapa saat usai lepas landas, Sabtu (9/1), pukul 14.40 WIB. Kontak terakhir ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, di 11 Nm north CGK, pukul 07.40 UTC dan di ketinggian passing 11.000 feet on climb to 13.000 feet.

Belakangan diketahui pesawat, yang mengangkut sekitar 62 orang, mengalami kecelakaan. Dikabarkan terjatuh di perairan Kepulauan Seribu, di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Berita Lainnya