sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Basarnas kembali temukan potongan tubuh korban Sriwijaya

Temuan tersebut lalu diserahkan kepada DVI Polri dan KNKT untuk proses selanjutnya.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 11 Jan 2021 12:27 WIB
Basarnas kembali temukan potongan tubuh korban Sriwijaya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Badan SAR Nasional (Basarnas) kembali menerima satu kantong potongan tubuh (body part) dari petugas operasi evakuasi di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

"Terima kasih dari Komandan KN SAR Basudewa yang telah mengantar dan menyerahkan kepada kami satu kantong body part yang telah ditemukan oleh tim di lapangan," kata Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman, di Terminal JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1).

Basarnas akan menyerahkan temuan tersebut kepada tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dilakukan pemeriksaan.

Kepala Basarnas, Marsdya Bagus Puruhito, menambahkan, pihaknya telah menerima puluhan kantong body part hingga kini, pencarian di hari ketiga.

"Yang sudah kita dapatkan adalah 10 kantong yang berisi serpihan potongan kecil bagian pesawat, dan 16 potongan bagian besar pesawat, dan 6 potong pakaian," tuturnya. Seluruhnya telah diserahkan ke DVI dan KNKT untuk ditindaklanjuti.

Dirinya melanjutkan, Basarnas akan terus membantu KNKT untuk mencari kotak hitam (black box) SJ-182.

"Untuk hal lain, seperti black box, sampai saat ini kita tidak melaksanakan. Dalam konteks ini adalah domain ini adalah KNKT. Basarnas bersama KNKT membantu pelaksanaannya," terangnya.

"Dan fokus kita tetap pada pencarian korban. Untuk material dan lainnya merupakan hal penting, simultan bersama bersamaan pelaksanaan evakuasi atau pencarian korban," imbuhnya.

Sponsored

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak call sign SJ-182 sempat hilang kontak beberapa saat usai lepas landas, Sabtu (9/1), pukul 14.40 WIB. Kontak terakhir ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, di 11 Nm north CGK, pukul 07.40 UTC dan di ketinggian passing 11.000 feet on climb to 13.000 feet.

Belakangan diketahui pesawat, yang mengangkut sekitar 62 orang, mengalami kecelakaan. Dikabarkan terjatuh di perairan Kepulauan Seribu, di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya