logo alinea.id logo alinea.id

Basuki: Infrastruktur disiapkan optimal untuk mudik lebaran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan infrastruktur mudik yang disiapkan telah optimal.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 31 Mei 2019 21:48 WIB
Basuki: Infrastruktur disiapkan optimal untuk mudik lebaran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan infrastruktur mudik yang disiapkan telah optimal. 

Basuki mengatakan dirinya telah memantau beberapa infrastruktur yang akan digunakan oleh pemudik.

"Kemarin dari Bakauheni ke Palembang sudah ada 4.000 mobil dalam satu hari. Berarti jalan nasional sudah layak dipakai," ujar Basuki di sela-sela pelepasan bus mudik Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat (31/5).

Selain memantau Pelabuhan Bakauheni di Lampung, Basuki juga mengatakan jalan nasional untuk pengedara bermotor dari Cawang, Bekasi, hingga ke Karawang, telah dipantau dan dalam kondisi siap. 

Basuki juga mengatakan perbaikan rigid di jalan nasional Tegal-Purwokerto, terutama di underpass Prupuk, telah selesai dilakukan.

"Sudah tidak ada lubang di jalan nasional, kecuali di perbatasan Palembang dan Jambi," kata Basuki.

Basuki menjelaskan jalan tersebut rusak berat dan penanganan untuk tender perbaikan jalan telah tiga kali batal dilakukan. Namun, Basuki mengatakan jalan tersebut masih tetap dioperasikan.

BPJT prediksi double peak

Sponsored

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit memprediksi terjadinya dua puncak arus mudik, masing-masing terjadi pada malam ini, Jumat (31/5) dan Minggu, 2 Juni 2019.

"Kemungkinan fenomenanya double peak, sehingga akan kami pantau tanggal 2 Juni kondisinya seperti apa," kata Danang.

BPJT sejauh ini menilai sistem satu arah atau one way system dari arah Jakarta menuju arah timur telah berjalan cukup efektif. 

"Setelah Cikampek Utama itu lancar, setelahnya banyak sekali antrean di rest area KM 41 dan KM 57," ujar Danang.

Danang menduga para pemudik tak percaya diri apabila rest area seteah Cikampek Utama penuh. Danang juga menyebut seluruh rest area telah terpakai dan pemakaiannya cukup baik karena menerapkan sistem zonasi (zoning system). 

BPJT juga menemukan cukup banyak pemudik yang berhenti di bahu jalan karena mesinnya bermasalah.

"Sebagian yang berhenti di bahu jalan mereka buka kap, ada masalah di mesin," katanya. Danang berharap para pemudik menjaga kondisi mesin mereka, terutama mobil dengan cc kecil karena khawatir overheated akan sering terjadi.