logo alinea.id logo alinea.id

Beasiswa LPDP kembali dibuka, simak rincian seleksinya

LPDP akan memberikan 15 jenis program beasiswa yang dikelompokkan dalam tiga beasiswa.

Mona Tobing
Mona Tobing Senin, 06 Mei 2019 16:29 WIB
Beasiswa LPDP kembali dibuka, simak rincian seleksinya

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini kembali menyalurkan beasiswa. Kali ini, LPDP membuka secara serentak pemberian program beasiswa. LPDP memberikan 15 jenis program beasiswa yang dikelompokkan dalam tiga beasiswa. 

Pertama, beasiswa umum yang terdiri dari beasiswa reguler, dokter spesialis, perguruan tinggi peringkat utama dunia dan disertasi. 

Kedua, beasiswa afirmasi yakni beasiswa daerah tertinggal, alumni bidikmisi, prasejahtera berprestasi, santri, prestasi olahraga internasional, prestasi seni internasional, penyandang disabilitas dan Indonesia Timur. 

Ketiga, beasiswa targeted group antara lain beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (Budi), PNS, TNI, Polri dan Olimpiade Internasional. 

Proses seleksi melalui tiga tahap, yakni seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer dan seleksi wawancara. 

Sebagai awalan, periode pendaftaran seleksi administrasi online dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 10 Mei sampai 31 Mei 2019, dan tahap kedua pada 1 Juli sampai 10 September 2019. 

Untuk mempermudah peserta dalam mengikuti proses seleksi berbasis komputer dan seleksi wawancara, LPDP akan menyelenggarakan seleksi di 18 kota di Indonesia. Meski begitu, beberapa program beasiswa hanya dilakukan di beberapa lokasi tertentu. 

Apabila Anda lolos dalam tahap seleksi, waktu perkuliahan dibagi dua. Tahap pertama dengan tujuan dalam dan luar negeri dibagi dalam dua gelombang, yakni wawancara 1 bagi yang melampirkan LoA Unconditional saat registrasi online. 

Sponsored

Pada gelombang wawancara 1 perkuliahan paling cepat dengan syarat penetapan berdasarkan peringkat dan kuota, yakni Agustus 2019 untuk dalam negeri dan September 2019 untuk luar negeri. 

Selanjutnya, wawancara 2 bagi yang tidak melampirkan LoA Unconditional saat registrasi online dengan waktu perkuliahan paling cepat Januari 2010. 

Tahap kedua dengan tujuan dalam dan luar negeri, seleksi beasiswa tahap 2 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat Januari 2020.