sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Beasiswa OSC kembali dibuka

Medcom.id dan Media Group News memberikan 420 beasiswa dari 21 perguruan tinggi swasta senilai Rp40 miliar.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Rabu, 28 Agst 2019 14:44 WIB
Beasiswa OSC kembali dibuka

Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) kembali dibuka. Di tahun kelima ini, pilihan universitas yang tersedia lebih banyak. Demikian pula kuota yang disediakan buat calon mahasiswa penerima beasiswa. 

CEO Medcom.id dan Media Group News Mirdal Akib memerinci, tahun ini ada tambahan empat perguruan tinggi baru yang ikut andil memberikan beasiswa. Yaitu Universitas Nahdlatul Ulama di Surabaya, Universitas Ciputra di Surabaya, Unversitas Muslim Indonesia di Makkasar dan Universitas Warmadewa dari Bali. 

Mirdal Akib mengatakan, ada 420 beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa baru dari 21 perguruan tinggi swasta yang terlibat. Masing-masing perguruan tinggi memberikan 20 kursi beasiswa. Nilai seluruh beasiswa mencapai Rp40 miliar. 

Selain bebas biaya masuk dan SPP selama delapan semester, beasiswa OSC diberikan dalam bentuk bantuan fasilitas hidup. Ini sebagai penunjang hidup bagi para mahasiswa. Harapannya, mereka yang dari kalangan tidak mampu akan terbantu. 

Ke depan, Mirdal Akib berjanji akan mengembangkan program beasiswa ini merambah hingga ke negara tetangga. "Tahun 2020 kami akan mengembangkan OSC ke negara tetangga, seperti Malaysia, Timur Leste, dan Thailand," kata Mirdal Akib di kawasan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (28/8).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang hadir saat launching OSC kelima mengapresiasi program beasiswa Media Group ini. Beasiswa ini, kata dia, sejalan dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, yakni menyelenggarakan kebijakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Mendikbud menyebut program pemerintah akan semakin sempurna dengan adanya beasiswa dari OSC. "Sekarang ini baru 12,2% yang bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Jadi masih sangat sedikit sekali, karena itu program beasiswa yang dilakukan oleh semua pihak, termasuk yang dipelopori Media Group patut diapresiasi," ujar Muhadjir Effendy.

Mendikbud juga mengapresiasi sistem daring yang dilakukan OSC dalam menjaring penerima beasiswa. Menurutnya, dengan sistem online semua pihak bisa mengaksesnya, sehingga segmen penerima beasiswa tidak terbatas. 

Sponsored

Mendikbud berharap Media Group dapat mengembangkan program beasiswa tidak hanya di jenjang Strata I (SI), tetapi juga menyentuh rana D3 dan vokasi.

Berikut rincian 21 peerguruan tinggi swasta pendukung OSC 2019:

1. Universitas Al-Azhar Indonesia
2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
3. Universitas Mercu Buana
4. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
5. Universitas Multimedia Nusantara
6. President University
7. Universitas Trisakti
8. Institute Teknologi Nasional (ITENAS)
9. Universitas Kristen Maranatha
10. Telkom University
11. Universitas Kristen Duta Wacana
12. Universitas Kristen Satya Wacana
13. Universitas 17 Agustus 1945
14. Universitas Ciputra
15. Universitas Gajayana
16. Universitas Islam Malang
17. Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS)
18. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
19. Universitas Fajar
20. Universitas Muslim Indonesia
21. Universitas Warmadewa Bali