sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Beberapa wilayah masuki puncak musim hujan pada Maret

Kendati begitu, BMKG meminta masyarakat mewaspadai kebakaran hutan dan lahan, khususnya untuk Sumatera Utara.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Jumat, 28 Feb 2020 15:44 WIB
Beberapa wilayah masuki puncak musim hujan pada Maret
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23851
Dirawat 16321
Meninggal 1473
Sembuh 6057

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Miming Saepudin, memprediksi sebagian wilayah Indonesia memasuki puncak musim hujan pada Maret, yakni Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara daerah yang memasuki puncak musim hujan di Pulau Jawa terbilang variatif. Selain Maret, ada pula daerah Pulau Jawa yang puncak musim hujannya terjadi pada Februari.

"Ada beberapa wilayah yang puncak musim hujan jatuh pada Februari, seperti wilayah DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, termasuk Bali dan Nusa Tenggara itu di Februari. Kemudian ada sebagian wilayah yang Maret masih memasuki puncaknya," kata Miming dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (28/2).

Daerah lain yang diprediksi memiliki intensitas tinggi hujan pada Maret adalah Sulawesi bagian Tengah dan Tenggara, serta Papua. Berdasarkan itu, potensi hujan masih harus diwaspadai, sebab dapat menyebabkan banjir. Misalkan di sebagian Sumatera Selatan dan sebagian besar wilayah Pulau Jawa.

Sponsored

"Karena tadi, curah hujan masih cukup tinggi selama Maret, maka potensi banjir juga cukup signifikan di wilayah tersebut," kata dia.

Meski begitu, Miming tetap meminta masyarakat mewaspadai kebakaran hutan dan lahan, khususnya untuk daerah Sumatera Utara. Musababnya, di daerah tersebut diprediksi curah hujannya rendah.

"Jika kita perhatikan Sumatera bagian Utara masih kontras. Bahwa selama Maret kondisi curah hujan masih rendah, dalam artian kewaspadaan peningkatan karhutla, kemudian titik hotspot juga perlu diwaspadai," ujar dia. 

Berita Lainnya