sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Berpakaian serba putih, massa aksi Bela Tauhid geruduk Kemenko Polhukam

Arus lalu lintas di Bundaran Monas mengalami kemacetan dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Jumat, 26 Okt 2018 14:52 WIB
Berpakaian serba putih, massa aksi Bela Tauhid geruduk Kemenko Polhukam

Massa aksi yang menyuarakan aspirasinya atas perobekan bendera tauhid mulai bergerak dari Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menuju arah Patung Arjuna Wiwaha dan kantor Kemenko Polhukam. Massa mulai bergerak usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal sekitar pukul 12.30 WIB dengan membawa atribut bendera warna hitam dan putih bertuliskan kalimat tauhid.

Masyarakat yang mengikuti aksi berasal dari berbagai kalangan. Ada laki-laki, perempuan, ormas Islam, termasuk keluarga yang membawa anak-anak. Rencananya, mereka akan berjalan kaki menuju lokasi pusat aksi yang berada di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan di Jalan Medan Merdeka Barat.

Berdasarkan pantauan di lapangan, mayoritas massa menggunakan pakaian berwarna putih. Juga sambil membawa bendera berwarna hitam dan putih bertuliskan kalimat tauhid. Selain itu, ada juga sejumlah peserta aksi yang turut membawa bendera Palestina dalam kegiatan tersebut.

Akibat aksi massa itu, arus lalu lintas di Bundaran Monas mengalami kemacetan dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan MH Thamrin. Pihak kepolisian dari satuan lalu lintas pun sudah mengalihkan arus di sejumlah jalur di Jakarta Pusat. 

Kasat Lantas Polres Metro Jakpus, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Juang Andi Priyanto, menjelaskan seluruh personel pengamanan disiagakan di beberapa jalur yang menyebabkan kemacetan, seperti Harmoni dan Tugu Tani.

"Kita lihat berapa jumlah massanya, tapi kami tidak akan menutup jalan, hanya arusnya saja yang dialihkan," ujarnya.

Pihaknya pun melalui Polda Metro Jaya sebelumnya telah menerima surat pemberitahuan Aksi Bela Tauhid yang akan digelar di Kantor Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jakarta Pusat. 

“Aksi akan berlangsung pukul 13.00 WIB," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.

Sponsored

Argo menyebutkan jumlah massa Aksi Bela Tauhid diperkirakan mencapai 1.000 orang. Mereka diketahui berasal dari berbagai kelompok masyarakat. 

Sementara itu, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Nahdlatul Ulama dikabarkan menyiagakan 2.000 anggota Ansor-Banser (Barisan Ansor Serbaguna) untuk mengantisipasi Aksi Bela Tauhid. 

Aksi Bela Tauhid dilakukan terkait kasus pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid yang diduga bendera berlambang HTI oleh oknum Banser NU di Garut, Jawa Barat beberapa hari lalu. (Ant)