sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Bertemu Dubes China, MPR imbau masyarakat tak khawatir coronavirus

Coronnavirus hanya terjadi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Jumat, 24 Jan 2020 15:27 WIB
Bertemu Dubes China, MPR imbau masyarakat tak khawatir coronavirus

Masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir akan isu penyebaran coronavirus yang tengah ramai diperbincangkan publik. Hal itu diungkapkan Syarief usai bertemu dengan Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Jumat (24/1).

Dubes Xiao, ungkap politikus Demokrat itu, mengatakan China telah melakukan berbagai upaya agar virus ini tidak menimbulkan situasi darurat global. Sejauh ini, lanjut Xiao, coronnavirus hanya terjadi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

"Dan itu agak jauh, dan sekarang sudah dilokalisir tempatnya, tidak boleh masuk dan tidak boleh keluar. Jadi ini kalau dikatakan daerah-daerah lain itu aman. Hanya di Wuhan dan sudah dilokalisir, jadi tidak serius," papar Syarief.

Dijelaskan Syarief, China sudah berpengalaman menangani kasus-kasus semacam ini. Mereka telah berkomitmen untuk terus mengontrol agar penyebarannya tidak mengglobal.

Xiao membenarkan pernyataan Syarief dan meyakini dapat mengontrol virus ini agar tidak menyebar. Telah dilakukan kebijakan lokalisir wilayah, agar masyarakat yang terdapat di Wuhan tidak bisa keluar wilayah itu. 

"Pertama kita masih dapat mengontrol warga di sana, jadi warga dari Wuhan tidak meninggalkan Wuhan, orang-orang dari daerah lainnya tidak pergi ke Wuhan. Jadi transportasi publik akan kami kontrol dalam batas waktu yang belum ditentukan," kata Xiao.

Selain itu, China juga tengah mengoptimalkan koordinasi dengan pihak World Health Organization (WHO). Rapat-rapat darurat mengenai permasalahan ini juga telah dilaksanakan.

WHO sendiri, lanjut Xiao, menyimpulkan bahwa coronavirus belum masuk dalam situasi darurat global. China sepakat bekerja sama dengan WHO, melalui data dan teknologi untuk menemukan solusi dan analisis.

Sponsored

"Kami juga akan terus memberi update untuk Indonesia. Kemudian kita yakin kita berdua (Indonesia-China) dapat bersama-sama, kita dapat mengontrol situasi ini. Kita juga sudah jelaskan ke pemerintah Indonesia mengenai situasi terkini, apa yang kita lakukan. Sehingga bersama-sama kita dapat melawan virus ini," tutupnya.

Berita Lainnya