logo alinea.id logo alinea.id

BJ Habibie dimakamkan di sebelah Ainun

Almarhum Presiden ke-3 BJ Habibie akan dimakamkan di sebelah peristirahatan terakhir istrinya, Ainun Habibie.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 11 Sep 2019 23:31 WIB
BJ Habibie dimakamkan di sebelah Ainun

Almarhum Presiden ke-3 BJ Habibie akan dimakamkan di sebelah peristirahatan terakhir istrinya, Ainun Habibie.

Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) Pratikno mengatakan pemerintah telah menyiapkan prosesi pemakaman jenazah Presiden ke-3 BJ Habibie. Hal tersebut disampaikan oleh Pratikno di rumah duka, Jalan Patra Kuningan 13, Jakarta Selatan.

Menurut Pratikno, jenazah Habibie telah dipastikan akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Makam jenazah juga akan ditempatkan persis di sebelah makam almarhum istrinya, Hasri Ainun Habibie.

"Kami dari Kemensesneg telah mempersiapkan semuanya. Kami akan memfasilitasi prosesi untuk pemakaman almarhum besok di Taman Makan Pahlawan Kalibata sudah kita persiapkan dan nanti disebelahnya almarhum ibu Ainun Habibie," ujar Pratikno, Rabu (11/9).

Terkait prosesnya sendiri, Pratikno memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turun langsung sebagai inspektur upacara pemakaman. Dikatakan Pratikno, Jokowi sudah siap untuk melepas jenazah Habibie kehadirat Tuhan.

Jokowi juga telah menginstruksikan kepada segenap bangsa Indonesia untuk mendoakan Habibie. Selain itu, Jokowi juga mentetapkan hari masa berkabung selama tiga hari.

"Kami akan instruksikan seluruh lembaga negara atau instansi untuk mengibarkan bendera setengah tiang," ujar dia.

Adapun waktu pemakaman sendiri, direncanakan pada hari Kamis (12/9) pukul 13.00 WIB.

Sponsored