sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BMKG: Inflasi dan perubahan iklim tantangan serius Indonesia

El Nino dan IOD+ yang terjadi di Indonesia pada periode ini, jelas Dwikorita, tergolong kategori moderat dan lemah.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 31 Jul 2023 22:01 WIB
BMKG: Inflasi dan perubahan iklim tantangan serius Indonesia

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menegaskan inflasi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya perubahan iklim yang berfokus pada dampak El Nino dan IOD+ (Indian Ocean Dipole). 

Fenomena El Nino dan IOD+ ini, kata mantan Rektor UGM Yogyakarta itu, memiliki pengaruh besar terhadap inflasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ini karena El Nino dan IOD+ memengaruhi pasokan bahan pangan yang kemudian membuat inflasi meningkat. 

Dwikorita menjelaskan, fenomena El Nino dan IOD+ membawa dampak buruk bagi banyak negara, termasuk kegagalan panen, ketersediaan air bersih yang terbatas, dan meningkatnya risiko kebakaran hutan akibat pemanasan global. 

"Data menunjukkan bahwa fenomena El Nino dan IOD+ terjadi selama Agustus hingga September 2023," kata Dwikorita saat penyerahan Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan untuk Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah di Kementerian Dalam Negeri, Senin (31/7). 

Sponsored

Kemunculan El Nino dan IOD+, jelas Dwikorita, kini lebih sering terjadi, yaitu setiap 2-3 tahun sekali. Frekuensi berulang lebih cepat dibandingkan tahun 1980-an yang terjadi setiap 7 tahun sekali. Ini rentan terjadi kekeringan dan pemanasan global. 

El Nino dan IOD+ yang terjadi di Indonesia pada periode ini, jelas Dwikorita, tergolong kategori moderat dan lemah. Hal ini disebabkan oleh wilayah perairan Indonesia yang luas sehingga tidak terlalu terpengaruh oleh fenomena tersebut.

Untuk memitigasi dampak El Nino dan IOD+, Dwikorita merekomendasikan beberapa langkah seperti menampung air hujan untuk memastikan lahan yang akan panen, penghematan air untuk menghindari kekurangan air bersih, dan menghentikan kebakaran hutan dan lahan untuk mengurangi dampak yang lebih parah.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid