sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BMKG prediksi hujan datang pada September

Banten dan DKI Jakarta terancam kekeringan sampai 60 hari ke depan.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Rabu, 21 Agst 2019 12:33 WIB
BMKG prediksi hujan datang pada September

Kemarau yang terjadi sejak Juni hingga saat ini, dibayangi bencana kekeringan. Kemungkinan, hujan baru akan datang pada September mendatang.  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis yang disampaikan oleh Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan.

Analisis tersebut berdasarkan update 20 Agustus 2019 yakni seluruh di Banten dan DKI Jakarta telah memasuki musim kemarau. BMKG mengingatkan agar masyarakat waspada atas ancaman bencana kekeringan. 

Sebagian besar wilayah Banten dan DKI Jakarta akan mengalami kekeringan lebih dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari. Sementara hujan diperkirakan baru akan datang pada dasarian III Agustus dan dasaria I September 2019. 

Hal ini menandakan beberapa daerah diperkirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah alias kurang dari 20mm/dasarian dengan peluang hingga lebih dari 90%.

BMKG mengatakan, kekeringan bakal berdampak luas pada kehidupan masyarakat. Pertama, pada sektor pertanian yang menggunakan sistem tadah hujan di wilayah Banten dan DKI Jakarta.

Kedua, masyarakat yang mengandalkan air tanah di wilayah Banten dan DKI Jakarta harus bersiap-siap lantaran ketersediaan air tanah akan berkurang. Ketiga, meningkatkan polusi udara. 

"Berdampak pada meningkatnya polusi udara di wilayah Banten dan DKI Jakarta," terang Stasiun Krimatologo Tangerang Selatan dalam rilis yang diterima Alinea.id pada Rabu (21/8).

Sponsored
Berita Lainnya