sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BMKG rilis peringatan dini agar tidak melaut sampai besok

BMKG memperkirakan akan ada gelombang tinggi di Selat Bali dan Selat Lombok sampai esok hari (21/7).

Mona Tobing
Mona Tobing Jumat, 20 Jul 2018 06:38 WIB
BMKG rilis peringatan dini agar tidak melaut sampai besok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tentang gelombang laut tinggi di Selat Bali dan Selat Lombok. BMKG memperkirakan gelombang laut mencapai 2,5 meter hingga 4 meter sampai hari Sabtu (21/7).

Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan mengimbau agar masyarakat dan kapal-kapal terutama perahu nelayan dengan kapal ukuran kecil tidak memaksakan diri melaut. Sampai besok, BMKG menyebut adanya peningkatan kecepatan angin timuran hingga 37 kilometer per jam di beberapa wilayah perairan Indonesia.

BMKG menilai risiko tinggi atas keselamatan pelayaran. Khusus perahu nelayan, diimbau mewaspadai angin dengan kecepatan di atas 15 knot dan ketinggian gelombang di atas 1,25 meter.

Untuk kapal tongkang, mewaspadai angin dengan kecepatan lebih dari 16 knot dan ketinggian gelombang lebih dari 1,5 meter. Kapal feri diimbau mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter.

Sponsored

Sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar mewaspadai kecepatan angin lebih dari 27 knot serta ketinggian gelombang lebih dari empat meter. Nelayan di daerah barat Sumatera, Selatan Jawa, Bali, NTB, NTT, serta daerah lainnya diharapkan mempertimbangkan kondisi ketinggian gelombang sebelum melaut. 

 

Sumber: Antara

Berita Lainnya