sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan

BMKG memprakirakan hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 01 Jun 2021 11:47 WIB
BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan, berupa hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es.

"Hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangannya dikutip Selasa (1/6).

BMKG juga memprakirakan adanya potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di beberapa wilayah pada periode berbeda. Pada 31 Mei hingga 1 Juni 2021, hujan berpotensi terjadi di Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, pada 2 hingga 4 Juni 2021 hujan ringan hingga lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sponsored

"Pada tanggal 05-07 Mei 2021: Aceh, Kep.Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," lanjut Guswanto.

Sementara untuk dua hari ke depan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis bampak banjir/bandang dengan kategori waspada, wilayah yang perlu diwaspadai adalah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua.

Berita Lainnya