sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BMKG: Waspadai curah hujan tinggi untuk dua pekan ke depan

Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial

Ghalda Anisah
Ghalda Anisah Selasa, 22 Sep 2020 10:39 WIB
BMKG: Waspadai curah hujan tinggi untuk dua pekan ke depan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Pada Senin (21/9) terjadi banjir di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi yang diakibatkan oleh hujan lebat. Curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode empat jam dari pukul 15.00 hingga 19.00 WIB.

Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin. Kombinasi dari ketiga fenomena atmoosfer tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di Jawa Barat dan sekitarnya. 

Terkait dengan itu, BMKG mengaku telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem berskala tiga jam untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir bandang sebanyak lima kali.

BMKG juga telah mengeluarkan informasi prakiraan awal Musim Hujan 2020. Di mana diprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober hingga November 2020. 

Namun BMKG mengakui selama September hingga Oktober 2020, periode peralihan musim dari kemarau menuju penghujan masih berlangsung di beberapa daerah wilayah Indonesia. Di mana akan terjadi hujan secara tidak merata dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi yang singkat. 

Untuk itu, BMKG telah memiliki prediksi dalam peroide 22 hingga 24 September 2020, wilayah yang akan mengalami hujan yang dengan intensitas lebat disertai kilat/petir, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Kemudian, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian BMKG juga mengeluarkan prediksi hujan untuk 25 hingga 28 September di wilayah, 
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo. Kemudian, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat menimbulkan banjir, tanah longsor, banjor bandang, genangan, angina kencang, pohon tumbang, dan jalanan yang licin. 

Sponsored
Berita Lainnya