sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BNPB kirim 20.000 masker untuk massa pernikahan anak Rizieq Shihab

Penyaluran bantuan tersebut bertujuan untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19 mengingat acara akan dihadiri sekitar 10.000 peserta.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 14 Nov 2020 17:32 WIB
BNPB kirim 20.000 masker untuk massa pernikahan anak Rizieq Shihab
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan puluhan ribu masker dan pembersih tangan (hand sanitizer) kepada hadirin maulid Nabi sekaligus pernikahan Syafirah Najwa Shihab, putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, pada Sabtu (14/11). Bantuan dikirim melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, 

"Namanya ke lokasi, kan, semua bantuan ini ke Satgas Provinsi, ya. Jadi, bantuan ini ke Satgas Provinsi. Tapi, tadi kita bawakan juga ke lokasi. Jadi, 10.000 itu masker kain, 10.000 masker medis, dan hand sanitizer," kata Direktur Pengelolaam Logustik dan Peralatan BNPB, Rustian, kepada Alinea, beberapa saat lalu.

BNPB juga menyalurkan sejumlah tes cepat (rapid test) untuk massa yang hadir. Namun, bantuan disalurkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta.

"Dinkes itu dengan rumah sakitnya yang akan melakukan koordinasi dengan pihak panitia karena, kan, ada panitianya itu maulid ini. Kita tidak boleh masuk begitu saja. Tadi sudah ada kesepakatan antara panitia dengan kawan-kawan Satgas Provinsi, ya," tutur Rustian.

Dirinya menerangkan, penyaluran bantuan tersebut untuk meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19. Sebab, salah satu upaya untuk mencegah penularan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan itu tentunya, kan, memakai masker, ya. Jadi, kita minta semua warga kita yang keluar dari rumah semua memakai masker sesuai dengan aturan. Jadi, makanya tadi ada masker, ada hand sanitizer," terang dia.

Selain protokol kesehatan, Rustian menyebut, menjaga jarak dan menghindari kerumuman merupakan upaya memerangi Covid-19 lainnya. "Karena kita tahu, penyakit ini dibawa oleh orang."

Peringatan Maulid Nabi dibarengi dengan acara pernikahan Sayrifah Najwa Shihab akan digelar di Markas FPI, kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11) malam. Sekitar 10.000 jemaah diprediksi panitia menghadiri kegiatan tersebut.

Sponsored
Berita Lainnya