sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bongkar pinjol KSP ilegal, Bareskrim tangkap 8 orang

Seluruhnya ditangkap di Tangerang Kota pada 14 Juli 2021.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 29 Jul 2021 18:35 WIB
Bongkar pinjol KSP ilegal, Bareskrim tangkap 8 orang

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri melakukan penangkapan delapan pelaku pinjaman online (pinjol). Mereka menagih dengan cara mengancam.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Brigjen Helmy Santika, menuturkan, penangkapan pertama dilakukan kepada Christopher. Tersangka tersebut adalah pimpinan pengawas dan pemberi intruksi penagihan dengan cara mengancam.

Kemudian, ditangkap pimpinan desk collector bernama Yuri Baramudia dan Deyana Rosa selaku pemegang data nasabah. Seluruhnya ditangkap di Tangerang Kota pada 14 Juli 2021.

"Mereka merupakan penagih simpan pinjam fiktif melalui aplikasi Dana Cepat yang terkoneksi dengan koperasi simpan pinjam (KSP)," kata Helmy dalam konferensi pers secara daring, Kamis (29/7).

Menurut Helmy, aplikasi ini terkoneksi dengan KSP Hidup Hijau, KSP Cinta Damai, KSP Tur Saku, KSP Pulau Bahagia. Seluruhnya, kata dia, meminjamkan uang ke masyarakat dengan iming-iming tenor yang rendah.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, penyidik juga menemukan aplikasi serupa bernama Meminjam Baru. Aplikasi itu juga terkoneksi dengan KSP, yakni Dana Darurat, Dana Cepat Cair dan Kejutan Super.

"Seluruhnya memulai usaha dengan menawarkan melalui sms blasting yang dilakukan tersangka Erloy, Benedictus, Alfonsius, Sidharta, dan Rizki," ucap Helmy.

Dia menjelaskan, rata-rata peminjam mendapatkan hanya 50% dana dari nominal yang diajukan. Sedangkan tenor waktu penagihan tidak sesuai dengan apa yang disepakati di awal.

Sponsored

Para tersangka akhirnya dikenakan Pasal 45 Ayat (3) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang- undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau: q Pasal 8 Ayat (1) huruf f Jo. Pasal 62 Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang

Perlindungan Konsumen dan atau; Pasal 35 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro dan atau; Pasal 106 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja atas Perubahan

Undang-undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan atau Pasal 311 KUHP.

Berita Lainnya