sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Covid-19 paksa Kemenag tunda pengumuman seleksi petugas haji

Penundaan pembekalan petugas haji sesuai arahan Jokowi.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Senin, 06 Apr 2020 15:58 WIB
Covid-19 paksa Kemenag tunda pengumuman seleksi petugas haji
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 27549
Dirawat 17951
Meninggal 1663
Sembuh 7935

Pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) memaksa Kementerian Agama (Kemenag) menunda pengumuman seleksi dan pembekalan petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1441 Hijriyah atau 2020 Masehi.

"Kami memutuskan untuk menunda pengumuman seleksi dan pembekalan petugas haji PPIH Arab Saudi," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (6/4).

Keputusan tersebut, kata Nizar, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Agama Fachrul Razi yang tidak memperkenankan kegiatan dengan jumlah peserta yang banyak pada masa darurat untuk mencegah penularan Covid-19.

Awalnya, pengumuman seleksi petugas PPIH Arab Saudi 1441 Hijriyah/2020 Masehi rencannya akan disampaikan pada hari ini, namun situasi dan kondisi yang ada tidak memungkinkan.

"Dengan kondisi saat ini, tentunya hal tersebut tidak memungkinkan. Oleh karena itu, kami menyiapkan beberapa skema alternatif pelatihan petugas haji," kata dia.

Salah satunya, kata dia, Kemenag menyiapkan skema pelatihan petugas haji secara daring dengan dikombinasikan materi praktek.

Untuk materi-materi yang memerlukan praktek akan dilakukan pembekalan singkat. Sementara materi teori dan pemahaman dapat dilakukan secara daring.

"Jadi, jika kepastian penyelenggaraan haji diumumkan Kerajaan Arab Saudi dalam waktu yang berdekatan dengan pelaksanaan maka kami akan melakukan kombinasi pelatihan," katanya.

Sponsored

Skema tersebut, kata dia, dilakukan untuk memastikan seluruh petugas haji Indonesia memiliki persiapan yang paripurna untuk melayani para tamu Allah.

"Kami berkomitmen untuk tetap mempersiapkan calon petugas haji dengan sebaik-baiknya, meskipun dalam kondisi darurat saat ini. Karena petugas haji, adalah salah satu faktor utama keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji," pungkasnya.

Hingga saat ini belum ada ketetapan penghentian ibadah haji 2020 terkait Covid-19 oleh Pemerintah Arab Saudi sehingga segala persiapan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Dari Arab Saudi belum ada berita atau surat resmi untuk penundaan pelaksanaan Ibadah Haji tatun 1441 H ini," kata Kabid pengelolaan haji dan umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Matnor.

"Kita berdoa bersama, moga tidak ada kendala, wabah virus Corona segera berlalu, ibadah haji lancar tahun ini," ucapnya. (Ant)

Berita Lainnya