sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Covid-19: Rasio kematian di Indonesia di atas rerata global

Persentase kesembuhan di Indonesia di bawah rata-rata dunia.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 29 Jun 2020 17:28 WIB
Covid-19: Rasio kematian di Indonesia di atas rerata global
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 68079
Dirawat 33135
Meninggal 3359
Sembuh 31585

Rasio kematian di Indonesia akibat coronavirus baru (Covid-19) melampaui rata-rata persentase global. Ini didapatkan jika menghitung kasus kematian dengan metode case fatality rate (CFR).

"Kalau kita lihat angka dunia, adalah 5,01%. Angka nasional kita ada di 5,15%," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (29/6).

Namun demikian, Yuri mengklaim, posisi Indonesia jauh lebih baik dari Jepang yang persentasenya 5,33%.

Persentase kematian beberapa provinsi pun di bawah angka rata-rata global. Namun, dirinya tidak memerincinya. "(Di) 23 provinsi, angka kematiannya di bawah angka rata-rata dunia yaitu 5,01%," tuturnya.

Sementara itu, Yuri mengungkapkan, persentase kesembuhan pasien Covid-19 lebih rendah daripada rerata global sekitar 54,15%. "Angka nasional kita masih di bawahnya, yaitu 41,48%," jelasnya.

Kendati begitu, dia sesumbar, pertumbuhan kasus sembuh di Indonesia jauh lebih baik. Kilahnya, pertumbuhan kasus sembuh di sejumlah provinsi di atas 80%.

"Kalau kita mengacu pada angka rata-rata dunia, maka ada 18 provinsi yang angka sembuhnya di atas rata-rata angka sembuh dunia. Bahkan, ada lima provinsi dengan angka kesembuhan di atas 80%," klaim Yuri.

Kelima provinsi tersebut, adalah Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Sponsored
Berita Lainnya