sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Curah hujan cetak rekor, banjir diprediksi kembali pekan depan

Curah hujan demikian diperkirakan terjadi sampai satu pekan ke depan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 02 Jan 2020 07:51 WIB
Curah hujan cetak rekor, banjir diprediksi kembali pekan depan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 26940
Dirawat 17662
Meninggal 1641
Sembuh 7637

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menyatakan curah hujan di sekitar wilayah Jakarta sejak Selasa (31/12/19) malam hingga Rabu (1/1/20), menjadi yang tertinggi sejak 1996.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, intensitas hujan dalam skala normal berada di angka 50 mm/hari. Sedangkan curah hujan yang terjadi sejak kemarin, berkisar pada angka 300 mm.

“Rekor tertinggi dini hari hingga pagi intensitas hujan 377 mm. Ini merupakan suatu rekor curah hujan tertinggi,” kata Doni usai melaksanakan pemantauan banjir di Jakarta, Rabu (1/1).

Berdasarkan data BMKG, permukaan laut juga mengalami peningkatan, sehingga tidak dapat  menampung air dari sungai. Sampai saat ini permukaan laut setinggi 184 cm, padahal jumlah normalnya 150 cm.

Sponsored

Menurut Kepala Pusat Metereologi Publik BMKG Fahri Rajab, tingginya curah hujan  tersebut diperkirakan terjadi hingga satu pekan ke depan. Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai banjir susulan.

“Tanggal 5 dan 6 juga ada air pasang yang akan diantisipasi. Kami akan memberikan warning, tiga jam sebelum peristiwa,” ucapnya.

Fahri juga mengungkapkan, saat ini merupakan awal periode penghujan. Sedangkan musim hujan baru akan terjadi saat Februari hingga Maret ke depan.

Berita Lainnya